CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Cara Islam Menjaga Kesehatan

Oleh | Jum'at, 24 April 2020 15:39 WIB | 517 Views
Cara Islam Menjaga Kesehatan

Menjalani kegiatan sehari-hari dengan tubuh sehat merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Apalagi saat ini, dunia sedang dilanda pandemi Covid-19 dan kita terus disajikan dengan statistik korban-korban yang meninggal dari Covid-19 serta terus meningkatnya angka tertularnya membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan bagi diri pribadi. Masyarakat pun mulai mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kesehatan dan cara menjaganya.

Islam sudah sejak lama mengajarkan umatnya untuk senantiasa menjaga kesehatan. Ini bisa terlihat dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sebagai suri tauladan umat Islam dan manusia yang telah mencontohkannya melalui berbagai perilaku dan ucapannya.  berikut kami rangkum cara Islam menjaga kesehatan.

1. Kebiasaan Bersuci

Kesucian sangat diperhatikan dalam ajaran Islam. Sebelum menunaikan ibadah shalat wajib dan sunnah diwajibkan terlebih dahulu untuk berwudhu sebagai syarat sahnya. Selain wudhu, Islam juga mengatur bersuci saat buang air besar dan kecil. Salah satu syarat bersihnya bersuci adalah bersih dari warna dan tidak tercium lagi baunya. 

Hikmah dari bersuci adalah terjaganya manusia dari kuman, virus dan bakteri penyebab penyakit. Sehingga kesehatan tubuh pun terjaga. Disisi lain, berwudhu juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran dan jiwa dari aktivitas-aktivitas sebelum shalat.

2. Konsumsi makanan yang halal dan tak berlebihan

Allah memberi perintah untuk menjaga pola makan dalam ayat berikut yang artinya, ''Makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan,'' (QS Al-A'raf: 31).

Perintah untuk tidak berlebih-lebihan dalam makan dan minum dalam ayat di atas dijelaskan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dalam sabdanya, ''Tidak ada suatu wadah yang diisi penuh oleh anak Adam yang lebih jelek melebihi perutnya. Cukuplah baginya beberapa suapan kecil untuk menegakkan tulang belakangnya. Jika tidak mungkin, sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya,'' (HR Imam Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Al-Hakim).

Seorang tabib utusan Raja Meqauqis asal Mesir kepada Rasullullah. Setelah beberapa hari tinggal di Madinah, tabib itu tidak mendapati adanya orang yang sakit. Ia pun memutuskan kembali ke Mesir karena tidak ada pasien yang datang.

Sebelum kembali, ia bertanya kepada Rasullullah, ''Tuan, izinkan kami mengetahui rahasia apakah yang menyebabkan tidak seorang pun mengeluh sakit di sini?'' Rasullullah pun menjawab dengan bahasa yang sederhana, ''Kami kaum yang tidak makan sehingga merasa lapar dan bila makan, kami tidak sampai kenyang.'' (HR Abu Dawud).

3. Olahraga

Rasulullah juga mengajarkan kita untuk berolahraga. Olahraga yang disunnahkan oleh Rasullullah adalah berkuda, memanah, dan berenang.

“Ajarkan putera-puteramu berenang dan memanah”. (HR. Ath-Thahawi).

Olahraga tentunya sangat dibutuhkan dan juga tubuh membutuhkan untuk mengeluarkan segala macam zat yang tidak dibutuhkan lewat olahraga. Di zaman modern saat ini, olahraga sudah memiliki banyak gerakan dan variasinya. Sempatkanlah dirimu untuk berolahraga 5-10 menit untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh.

4. Menjaga Hati

Untuk menjaga kesehatan hati dan jiwa, maka stabilitas hati perlu dijaga. Hati merupakan cerminan dari setiap orang yang memilikinya dalam artian apabila mempunyai hati yang baik,  maka cerminan juga terlihat baik begitu juga sebaliknya. Penyakit hati seperti iri hati, dengki, hasut, fitnah, berburuk sangka, khianat dan lain kerap kali muncul dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Islam sudah memberikan tips-tips yang jelas agar penyakit hati tersebut tidak muncul. Umat Islam diminta untuk selalu mengingat Allah SWT agar sadar bahwa segala sesuatu di dunia merupakan kepunyaan-Nya. Kita tidak berhak untuk sombong apalagi merasa telah memiliki atas sesuatu.  Tidak terlalu banyak bicara berguna untuk menghindari diri dari ghibah, pembual, bohong dan sebagainya. Berteman dengan orang soleh bisa menjadi tips yang tepat karena mereka bisa menjadi sarana pengingat diri ketika melakukan kesalahan.

Demikian paparan kami mengenai cara Islam menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook