CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Menjadi Produktif saat Work From Home

Oleh | Selasa, 14 April 2020 17:07 WIB | 198 Views
Menjadi Produktif saat Work From Home

Pemerintah menetapkan peraturan bekerja dari rumah atau work from home sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19). Hashtag #dirumahaja dan #wfh pun menggema di jagad dunia maya terutama di Indonesia. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan kebijakan WFH, terlihat dari kesibukan kendaraan hilir mudik selama jam kerja yang berkurang drastis.

Situasi bekerja di rumah berbeda saat berada di kantor. Apabila saat di kantor disiplin peraturan lebih ditonjolkan maka situasi work from home berbeda sekali. Namun, tidak berarti membuat produktivitas kerja di menurun selama work from home. Malahan produktivitas kamu  bisa naik karena jam pulang pergi kantor akan terpangkas dengan kelebihan dari work from home. Berikut kami ulaskan beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar tetap produktif dengan bekerja di rumah atau work from home yang kami rangkum situs pegi pegi dan kumparan.  

1. Tentukan Tujuan

Menentukan tujuan merupakan cara yang tepat untuk menfokuskan diri dalam bekerja. Tentu kamu sudah menentukan dari awal tujuan ketika bekerja di perusahaan yang sekarang. Nah, sekarang, turunkan tujuan tersebut dalam tugas keseharian yang kamu kerjakan. Insya Allah akan jauh lebih bermanfaat.

2. Tetapkan jam kerja & Istirahatnya

Untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif saat bekerja dari rumah, mulailah dengan menerapkan jam kerja yang sama ketika berada di kantor. Gunakan waktu yang biasanya dipakai untuk transportasi dari rumah ke kantor dengan melakukan kegiatan lain, seperti membersihkan rumah, memandikan anak, dll.

Suasana bekerja juga bisa dibangun lewat tempat, siapkan tempat yang khusus untuk bekerja. Terapkan juga jam istirahat sebagai acuan untuk melakukan kegiatan lain di sela-sela work from home. Pertimbangkan juga untuk melakukan peregangan di sela-sela waktu kerja. Menggunakan pakaian yang sama dengan pakaian kantor juga dipercaya bisa membantu mengubah suasana bekerja dari rumah.

3. Komunikasi dengan keluarga

Anak-anak merupakan anggota keluarga yang tidak mengerti mengenai work from home. Berikan pengertian kepada mereka secara pasti. Siapkan beberapa kegiatan yang bisa mengalihkan anak-anak dari dirimu, seperti menggambar, menonton film, selama work from home. Jika memungkin bisa minta bantuan orang lain misalnya orangtua atau istrimu  untuk menjaga anak.  

4. Komunikasi dengan rekan sekantor

Meskipun bekerja dari rumah, komunikasi dengan rekan-rekan sekantor untuk memberikan perkembangan tentang tugas yang sedang dikerjakan. Aktifkan notifikasi email, aplikasi obrolan dan nada dering hp agar komunikasi lancar. Sempatkan juga waktu untuk video call dengan rekan sekantor untuk pertemuan tatap muka apabila diperlukan.

5. Tidak Terdistraksi

Buatlah jeda waktu dari beberapa menit atau beberapa jam sekali agar kamu tidak terdistraksi dalam bekerja. Kamu bisa menggunakan teknik Podomoro, yang merupakan teknik manajemen waktu yang efektif agar tidak mudah terdistraksi sewaktu bekerja. Teknik ini membiasakan kita untuk bisa mengatur waktu kerja dan membuat pikiran jadi lebih fokus dalam mengerjakan tugas.

Cara untuk menerapkannya cukup mudah sekali. Kalian perlu melakukan 5 langkah ini :

1. Pilih satu tugas yang ingin dikerjakan terlebih dahulu

2. Atur waktu dengan timer selama 30-45 menit (atau sesuka kamu) sebagai batasan kamu dalam mengerjakan satu tugas. Pastikan kamu fokus mengerjakan tugas tersebut dan selesai tepat waktu sesuai timer

3. Saat alarm berbunyi, berhentilah mengerjakan tugas tersebut.

4. Kemudian ambil waktu selama 3-5 menit untuk istirahat. Kemudian lanjut dengan memilih satu tugas berikutnya atau jika belum selesai lanjut mengerjakan tugas tersebut.

5. Ulangi tiga langkah di atas sampai empat kali, setelah itu ambil waktu istirahat yang lebih panjang.

Teknik sangat bermanfaat agar kamu bisa fokus mengerjakan tugas dan lebih efektif manajemen waktu.

Sekian penjabaran kami mengenai menjadi produktif saat work from home, semoga bermanfaat.  



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook