CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Manfaat Membaca Al Quran

Oleh | Kamis, 09 April 2020 16:10 WIB | 133 Views
Manfaat Membaca Al Quran

Al quran diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam lalu diwariskan kepada umat manusia sebagai salah satu tanda kebesaran Allah SWT. Al quran menjadi bukti yang tak terbantahkan akan kebenaran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sebagai rasul akhir zaman sekaligus kebenaran Islam sebagai agama rahmat lil alamin.

Salah satu kemukjizatan dari Al Quran terletak pada janji Allah SWT yang menjamin dengan diri-Nya sendiri untuk memelihara dan menjaga-Nya. Sebagaimana dengan firman Allah SWT dalam surat Al Hijr ayat 9:

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al quran dan sesungguhnya Kami pula yang memeliharanya.” (Al Hijr ayat 5)

Al quran merupakan pedoman hidup bagi manusia hingga akhir zaman. Jika manusia senantiasa selalu membaca dan mengamalkan kandungan ayat-ayat dalam Al quran, Allah telah menjanjikan kehidupan manusia akan selalu memperoleh kelapangan hidup dan tidak terjebak dalam kesesatan, sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat AL Baqarah ayat 2, “kitab (al quran) ini tidak ada keraguan padanya ; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Bacalah Al quran karena kelak ia akan memberikan syafaat kepada orang membacanya, “ (HR Muslim). Ini adalah salah satu dari dalil manfaat membaca Al quran. 

Berikut kami jabarkan manfaat membaca Al quran yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Pahala dan kebaikan

“Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatka kebaikan satu kali tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya, “ (HR Tirmidzi)

Membaca al quran dapat menciptakan suasana  yang damai, tenang dan penuh keberkahan. Seseorang yang membacanya sekalipun mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan kebaikan dari Allah SWT.

2. Derajat dan wibawa

“Orang-orang yang hebat dalam membaca Al quran akan selalu ditemani oleh para malaikat pencatat yang paling dimuliakan dan taat pada Allah SWT dan orang yang terbata-bata membaca Al quran lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala, “ (HR Bukhari)

3. Pahala berlipat

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dalam sabdanya mengatakan orang yang membaca satu huruf ayat Al quran akan diberikan balasan 10 x lipat oleh Allah SWT.

4. Ketenangan hati

Membaca maupun mendengarkan Al quran dapat menenteramkan hati. Apalagi jika dibaca dengan baik dan merdu, bacaan al quran dapat mengetarkan hati. Alam bawah sadar dapat mengingat kembali bahwa segala sesuatu merupakan milik Allah SWT. Sehingga alam bawah sadar secara langsung akan berserah diri kepada Allah SWT. Kesadaran bahwa segala gundah gulana dan masalah adalah kuasa Allah SWT. Sesuai dengan surat Al Isra ayat 82, bahwa Al quran merupakan obat penawar hati.

“ dan kami turunkan dari al quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian” (Al Isra ayat 82)

5. Menghindari ghibah

Sering kali berkumpul dengan teman-teman, perbuatan ghibah tanpa secara tak sadar dilakukan di waktu luang, dengan membaca Al quran, perbuatan tersebut bisa terhindar dan perbuatan merugikan lainnya.

6. Penolong di hari akhir

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Bacalah Al quran karena kelak ia akan memberikan syafaat kepada orang membacanya, “ (HR Muslim).

Al quran dapat menjadi penolong di hari akhir nanti.

7. Menambah Iman

Iman bisa bertambah dan bisa juga berkurang. Kondisi iman akan selalu berubah ubah setiap waktunya. Oleh karena itu, sebagai umat muslim, harus selalu berusaha untuk menjaga iman agar selalu berada dalam kondisi yang baik.

Seorang muslim yang rajin membaca Al quran akan bertambah keimanannya. Hal ini termaktub dalam surat Al Anfal ayat 2 :

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah, hati mereka gemetar, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Rabbnya mereka bertawakkal” (Al Anfal ayat 2)

Semakin rajin membaca kitab Allah, maka semakin dekat dengan Allah. Semakin jiwa tersadarkan dengan keajaiban Al-Quran, dengan keindahan bahasa dan muatannya.

Sekian dari penjabaran kami mengenai manfaat membaca Al quran, semoga bermanfaat bagi yang membacanya.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook