CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Kegiatan Bermanfaat Selama Ramadhan

Oleh | Selasa, 07 April 2020 16:58 WIB | 164 Views
Kegiatan Bermanfaat Selama Ramadhan

Menjelang memasuki bulan Ramadhan yang suci ini, puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan dan menghentikan berbagai kegiatan. Perlu diingat juga bahwa bulan Ramadan merupakan bulan penuh kebaikan dan seluruh amal ibadah dilipat gandakan. Lalu apa saja kegiatan bermanfaat selama Ramadan yang bisa kita lakukan? Berikut kami berikan beberapa rekomendasinya.

1. Ibadah

Seluruh umat muslim pasti sudah tahu betapa mulianya bulan Ramadhan ini sehingga setiap umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Bila sebelumnya ibadah wajibmu sering ketinggalan, ini saatnya untuk memperbaiki diri dan menjalankan ibadah wajib tepat waktu.

Jangan lupakan juga dengan ibadah sunnahnya karena apabila dilakukan di bulan Ramadhan, pahalanya jadi berlipat ganda. Kamu bisa mencoba perlahan-lahan dimulai dari ibadah yang utama lalu belajar melakukan jenis ibadah lainnya. Kamu bisa memulainya sebelum bulan Ramadhan tiba.

2. Membaca Buku

Membaca buku juga bisa menjadi sebuah kegiatan positif bulan Ramadhan yang dapat membantumu mengembangkan diri. Untuk memulainya, kamu bisa mencoba membaca buku-buku dengan tema yang kamu sukai atau kamu minati. Bila kamu berkarir di bidang kerja tertentu, kamu juga bisa mencoba membaca buku-buku yang sesuai dengan bidang kerjamu.

Selain menambah wawasan baru, kegiatan membaca buku juga akan membuat waktumu di bulan Ramadhan semakin bermanfaat.

3. Pelajari Skill Baru

Bulan Ramadhan bisa juga kamu anggap sebagai bulan perbaikan dan pembaruan, salah satu pembaruan yang bisa kamu coba adalah mempelajari keahlian baru.. Kesempatan ini tak terbatas untuk bidang tertentu saja karena bidang apapun yang ingin kamu pelajari atau kamu minati. Misalkan, kamu ingin belajar memasak, mempelajari bahasa baru, atau meningkatkan kemampuan desainmu, semua bisa dilakukan.

Usahakan belajarnya secara konsisten dan fokus agar hasilnya maksimal. 

4. Membersihkan Rumah

Setiap umat muslim pasti mengetahui bahwa kebersihan merupakan bagian yang terpisahkan dari Islam. Bila kamu merasa sebagai orang yang Islam maka perhatikan kebersihan rumahmu. Agar tak terlalu berat, cobalah mulai dari membersihkan kamarmu seluruhnya dari mulai melipat selimut hingga menyapu lantainya. Setelah kamu terbiasa membersihkan kamar, kamu bisa melanjutkan membersihkan bagian-bagian rumah yang lainnya. Kegiatan positif ini manfaatnya tidak hanya akan terasa olehmu saja, namun juga oleh seluruh anggota keluarga.

Berbeda dari kegiatan lainnya, kegiatan membersihkan rumah ini tak perlu kamu lakukan setiap hari dan cukup dilakukan seminggu sekali saja.

5. Olahraga

Kamu tetap bisa olahraga saat puasa, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti waktu olahraga, jenis, dan intensitas latihan yang harus dikurangi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap berolahraga saat menjalankan ibadah puasa. Kamu bisa melakukan olahraga pada saat akan berbuka puasa yang sangat bermanfaat dalam menjaga stamina dan kesehatan kamu. Selain itu, bermanfaat untuk meningkatka sistem imunitas tubuhmu.

Sekian informasi mengenai kegiatan bermanfaat selama ramadhan yang bisa kamu lakukan. Terlebih lagi, semua kegiatan ini bisa kamu lakukan di rumah selama pandemi wabah virus corona berlangsung.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook