CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadr

Oleh | Jum'at, 03 April 2020 16:07 WIB | 410 Views
Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadr

Bulan Ramadhan memiliki banyak sekali keistimewaan yang bisa diperoleh oleh umat Islam, salah satu diantaranya malam Lailatul Qadr. Malam tersebut merupakan malam yang dimuliakan oleh Allah SWT melebihi malam-malam lainnya.

Allah SWT menjanjikan kepada umatnya yang beribadah sungguh-sungguh di malam Lailatul qadr akan diampuni dosa-dosanya di masa lalu, dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Namun waktu terjadinya malam Lailatul qadr dirahasiakan oleh Allah SWT agar umat bisa berusaha dengan sungguh-sungguh mendapatkan keberkahan dari malam tersebut. Namun Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam tetap menjelaskan petunjuk tanda datangnya malam mulia tersebut kepada umatnya.

Berikut kami jabarkan tanda-tanda malam Lailatul Qadr.  

1. Malam ganjil

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mencari di malam sepuluh hari terakhir pada malam ganjil.

“Carilah lailatul qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

2. Udara dan suasana pagi yang tenang

Udara atau angin pada malam itu tidak terlalu panas dan dingin, terasa damai dan tenang, kalu matahari terbit dengan sinar lemah berwarna merah. Sesuai dengan riwayat Ibnu Abbas

"Lailatul Qadar adalah malam yang damai dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, ketika esok pagi datang sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah." (HR Ath Thoyalisi dan AL Baihaqi dalam Syu’abul Iman)

3. Matahari di pagi hari

Keadaan matahari di pagi hari, terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru. Riwayat Ubay bin Ka’ab bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.” (HR. Muslim)

4. Malam terasa tenang dan cerah

Lailatul qadr digambarkan penuh ketenangan. Suasana malam itu sangat berbeda dengan malam-malam biasanya. Sebuah riwayat dari Ubadah bin Shamil, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

“…Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu.” (HR. Ahmad)

5. Nikmat ibadah yang terasa tenang

Nikmat ibadah di malam tersebut terasa sangat tenang dan lebih dibandingkan dengan ibadah di malam-malam lainnya. Pada malam Lailatul qadr, para malaikat turun ke bumi dan memberikan berkah dan rahmat kepada umat Islam yang sedang beribadah.

6. Bulan Nampak separuh

Dalam sebuah riwayat Abu Hurairah, diutarakan.

Abu Hurairah radliyallahuanhu berkata, ”Kami pernah berdiskusi tentang lailatul Qadar di sisi Rasulullah SAW, beliau berkata, “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan,” (HR. Muslim).

Demikian informasi ini mengenai tanda-tanda malam Lailatul qadr, semoga menjadi penyemangat di bulan ramadhan nanti.  



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook