CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Keutamaan Puasa Syawal

Oleh | Kamis, 02 April 2020 15:50 WIB | 271 Views
Keutamaan Puasa Syawal

Usai menjalankan ibadah puasa ramadhan, umat Islam akan merayakan hari raya Idul fitri di tanggal 1 syawal. Sama halnya, dengan bulan ramadhan, ada beberapa amalan yang bisa dilaksanakan di bulan syawal. Salah satu amalan yang kerap dikerjakan umat Islam di bulan syawal adalah puasa syawal. Berbeda dengan puasa ramadhan yang dikerjakan selama 30 hari maka puasa syawal dikerjakan selama 6 hari  yang sifat ibadahnya berhukum sunnah.

Puasa syawal dikerjakan setelah perayaan Idul fitri, umumnya dikerjakan di hari ke-3 syawal. Sama seperti puasa ramadhan, puasa syawal memiliki sejumlah keutamaan bagi mau melakukannya, apa saja itu?

Berikut kami rangkum dari beberapa sumber, keutamaan puasa syawal yang kamu lakukan akan bernilai ibadah.

1. Puasa setahun

Orang yang melakukan puasa Syawal seperti berpuasa selama setahun lamanya.

"barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR Muslim)

2. Balasan 10x lipat

Selama melaksanakan puasa di bulan syawal kita juga bisa mendapatkan kebaikan yang tidak akan sia-sia. Allah mengganjarnya dengan kebaikan pahala sepuluh kali lipat.

Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas ‘Idul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat.”( HR Ibnu Majah)

3. Perisai bagi muslim

Puasa merupakan perisai bagi seorang muslim baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, puasa adalah perisai dari perbuatan-perbuatan maksiat, sedangkan di akhirat nanti adalah perisai dari api neraka. Rasulullah Saw. bersabda:

“Maukah aku tunjukkan padamu pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai.”(HR. Tirmidzi).

4. Puasa syawal sebagai bentuk rasa syukur

Nikmat apalagi yang bisa disyukuri selain menjadi muslim? Yaitu nikmat ampunan dosa yang diberikan di bulan ramadhan. Amalan puasa dan ibadah sunnah selama sebulan penuh menjadi sebab datangnya ampunan dari Allah SWT. Lalu Allah SWT menambahkan dengan amalan puasa 6 hari di bulan syawal.

Ibnu Rajab mengatakan, ”Tidak ada nikmat yang lebih besar dari pengampunan dosa yang Allah anugerahkan” (Latho-if Al Marif hal ). Nabi Muhammad shallallahu ’alaihi wa sallam pun yang telah dijamin masuk surge tetap menjalankan ibadah shalat malam dan ibadah lainnya. Ini semua beliau lakukan dalam rangka bersyukur atas nikmat pengampunan dosa yang Allah berikan. Ketika Nabi Muhammad shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya oleh istri tercinta beliau yaitu ’Aisyah radhiyallahu ’anha mengenai shalat malam yang banyak beliau lakukan, beliau pun mengatakan,

”Tidakkah aku senang menjadi hamba yang bersyukur? ( HR Bukhari dan Muslim)

 Setelah mendapatkan ulasan keutamaan puasa syawal ini, semoga bisa melaksanakan ibadah puasa syawal selepas melaksanakan ibadah puasa ramadhan satu bulan lamanya. Selain puasa ramadhan dan syawal, kita bisa juga melaksanakan puasa sunnah lainnya.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook