CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Menu Sehat Berbuka Puasa

Oleh | Rabu, 01 April 2020 16:08 WIB | 176 Views
Menu Sehat Berbuka Puasa

Bulan ramadhan adalah bulan saat seluruh umat Islam melaksanakan ibadah wajib puasa Ramadhan. Puasa ramadhan adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan cara  menahan makan dan minum dan segala sesuatu yang disyarat dapat membatalkan puasa, dari sejak terbit matahari hingga terbenamnya matahari.

Waktu berbuka puasa mungkin jadi waktu yang paling ditunggu-tunggu saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Setiap makanan yang terhidang baik di meja makan maupun dibeli di luar rumah pasti akan terlihat lezat. Sehingga melupakan aspek kesehatan yang semestinya salah satu nilai yang harus dijaga selama ramadhan ini. Menjaga kesehatan saat puasa ramadhan merupakan keharusan sehingga mau tidak mau harus memperhatikan setiap makanan yang akan dikonsumsi. Apalagi jika kamu mempunyai masalah kesehatan tertentu.  

Waktu berbuka puasa mungkin jadi waktu yang paling ditunggu-tunggu saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Setelah seharian menahan dahaga dan lapar, tentu kamu ingin segera berbuka dengan menu buka puasa yang lezat namun tetap sehat.

Namun, agar ibadah puasa lancar kamu tentu tidak bisa sembarang memilih menu berbuka puasa atau kesehatanmu akan terganggu. Perlu kami garis bawahi, bahwa menu sehat berbuka puasa yang direkomendasikan merupakan menu pembatal puasa, artinya makanan ini disantap sebagai pembatal puasa bukan sebagai pengenyang. Berikut kami berikan rekomendasi hidangan menu sehat berbuka puasa yang bisa jadi pilihan kamu.

1. Kurma

Kurma merupakan menu sehat berbuka puasa. Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang berat terlebih dahulu saat hendak berbuka puasa. Usahakan mengonsumsi makanan yang manis dan ringan, salah satunya adalah kurma. Kurma memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Kurma mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah. Dengan kandungan gula alami tersebut, kurma dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. Kurma juga bagus para penderita diabetes dan maag.

2. Madu

Madu mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh jika di konsumsi. Madu mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan. Madu dapat melancarkan metabolisme dan juga mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu kandungan glukosa dan fruktosa nya sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang.

3. Air Putih

Saat berpuasa, tubuh akan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan lelah, sakit kepala dan sulit berkonsentrasi. Oleh karena itu, sangat di anjurkan untuk langsung meminum air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa, agar cairan dalam tubuh yang hilang kembali normal. Air putih yang direkomendasikan adalah air putih yang bersuhu normal, artinya tidak panas dan tidak dingin.

4. Buah-buahan

Menu sehat berbuka puasa selanjutnya adalah buah-buahan segar, bukan buah yang diolah terlebih dahulu seperti asinan, rujak, atau buah-buahan kering. Mengonsumsi buah segar saat berbuka puasa juga sangat di anjurkan, karena buah mudah dicerna oleh usus. Pilih buah yang mengandung banyak air seperti semangka, anggur dan lain-lain untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu usahakan mengonsumsi buah yang kaya serat, seperti pisang dan pepaya  karena buah tersebut mudah dicerna dan dapat mengembalikan energi yang hilang.

5. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan yang kaya akan serat dan membuat rasa kenyang lebih cepat dan terasa. Oatmeal juga bagus untuk kamu yang sedang diet. Kamu bisa mengkonsumsi oatmeal biasa-biasa saja atau bisa menambahkan buah-buahan potong segar, madu dan susu rendah lemak.

6. Kelapa Muda

Kelapa muda menjadi pilihan paling mudah untuk melepaskan dahaga selama seharian puasa. Kandung air kelapa muda yang mampu mengembalikan ion tubuh serta kandungan elektrolit yang tinggi di dalamnya mampu mengembalikan energi tubuh seketika. Kamu bisa membeli kelapa muda lengkap dengan gula merah atau tanpa campuran pemanis apapun.

Bagaimana sudah dapat pilihan, menu sehat berbuka puasa apa saja yang kamu rencanakan di bulan Ramadhan nanti. Semoga puasa di bulan Ramadhan ini bisa menjadi berkah dan perbaikan diri kamu di tengah pandemi virus corona saat ini.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook