CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Keutamaan Itikaf Ramadhan

Oleh | Selasa, 31 Maret 2020 16:13 WIB | 181 Views
Keutamaan Itikaf Ramadhan

Itikaf artinya berdiam diri. Secara definisi, Itikaf yaitu berdiam diri di masjid sambil merenungi kekuasaan Allah SWT serta berzikir maupun ibadah sunnah lainnya. Biasanya itikaf dilakukan waktu 10 malam terakhir ramadhan.

Ibadah itikaf bertujuan mulia yaitu untuk menggapai malam lailatul qadar yang punya keutamaan ibadah yang dilakukan lebih baik daripada 1000 bulan. Di antara tujuan itikaf adalah untuk menggapai malam tersebut. Dan yang paling utama bila i’tikaf dilakukan di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan.

Melaksanakan itikaf di masjid pada malam hari merupakan harapan dan semangat dalam menunggu turunnya lailatul qadr. Adapun landasan hukum untuk itikaf disampaikan oleh Aisyah r adhiyallahu ‘anha.

“Ia berkata bahwasanya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau diwafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beri’tikaf setelah beliau wafat”. (HR. Bukhari no. 2026 dan Muslim no. 1172).

Itikaf tentu saja sangat bermakna jika dilakukan, dengan itikaf kamu bisa fokus pada amalan-amalan ibadah sebelum nantinya di waktu lain sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya. Berikut kami jabarkan keutamaan itikaf ramadhan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Keutamaan Itikaf Ramadhan

1. Mencari Malam Lailatul Qadr

Itikaf merupakan ibadah sunnah yang bertujuan mulia untuk menggapai malam Lailatul Qadr yang punya keutamaan ibadah lebih baik dari 1000 bulan lamanya. Sesuai dengan firman Allah si surat Al Qadr ayat 1-5 :

“sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusannya. Malam itu (penuh) dengan kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Al Qadr :1-5)

Sebagian ulama berpendapat bahwa malam Lailatul Qadr adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, artinya pada saat itu ibadah tersebut dilipatgandakan seakan-akan orang tersebut beribadah selama 1000 bulan atau kira-kira 83-84 tahun.

2. Mendapatkan Ampunan Dosa

Selain pahala berlipat ganda yang akan didapatkan oleh orang yang beribadah pada Lailatul qadr, Allah juga mengampuni dosa-dosa yang telah lampau bagi orang yang beribadah dengan ikhlas dan atas dasar keimanan.

Barang siapa yang berdiri (shalat) pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharapkan perhitungan (pahala), diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah keutamaan itikaf ramadhan yang paling utama. Semoga bisa menjadi penyemangat untuk kalian yang akan beribadah di bulan ramadhan.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook