CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Kegiatan Bermanfaat Menunggu Berbuka Puasa

Oleh | Senin, 30 Maret 2020 16:34 WIB | 228 Views
Kegiatan Bermanfaat Menunggu Berbuka Puasa

Bagi muslim yang sedang berpuasa, waktu berbuka puasa adalah saat yang paling dinantikan. Rasa lapar dan dahaga akan hilang ketika waktu berbuka tiba, meskipun dengan menu yang sederhana. Menunggu waktu berbuka juga merupakan waktu yang disukai, apalagi ketika bulan Ramadhan. Namun, sebagian besar yang masih menunggu waktu berbuka dengan kegiatan yang tidak bermanfaat. Bisa jadi, karena mereka bingung atau tidak tahu. Berikut kami berikan referensi kegiatan bermanfaat menunggu berbuka puasa agar ibadah kita menjadi lebih bernilai. 

1. Membaca Al Quran

Ramadhan merupakan bulan Al Quran maka dari itu hendaknya di momen tersebut memberikan porsi perhatian yang lebih terhadap Alquran di bulan ini. Mengenai keutamaan membaca Alquran Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Faathir: 29-30)

Lalu di dalam hadits, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“bacalah Al Quran karena ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada pembacanya” (HR muslim)


2. Mengikuti Majelis Ta’lim atau Majelis Ilmu

Menunggu saat berbuka puasa akan menjadi semakin nikmat jika diisi dengan mengikuti majelis ta’lim. Kita bisa mencari tempat-tempat yang menyelenggarakan kegiatan kajian ilmu sebelum berbuka puasa.

Melangkahkan kaki ke majelis ta’lim akan mendatangkan pahala yang luar biasa, bahkan akan dimudahkan jalan menuju surga. Rasulullah bersabda:
 
“Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga” (HR.At Tirmidzi).

Namun, apabila tidak menemukan tempat penyelenggara kajian ilmu, kita bisa memanfaatkan teknologi untuk mendengarkan kajian ilmu di media-media sosial karena sudah banyak ustadz yang mendayagunakannya untuk memperluas daya jangkaunya. Niatkan untuk belajar memahami ajaran Islam, serta jaga diri agar fokus pada konten-konten yang menyajikan ilmu. Insyaa Allah kegiatan tersebut akan bernilai ibadah.

3. Memasak Hidangan Berbuka

Kegiatan menunggu buka puasa yang tidak kalah bermanfaat adalah memasak hidangan berbuka. Memasak hidangan berbuka, apalagi ditujukan bagi orang lain (misalnya keluarga), akan mendatangkan pahala tersendiri.

Rasulullah bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR.Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad).

Kegiatan itu termasuk dalam amalan memberi makan buka puasa. Bayangkan jika kita mengerjakannya setiap hari. Walaupun memasak bagi keluarga terasa seperti kegiatan biasa, namun ada pahala berlimpah di dalamnya.

4. Membagikan Hidangan Berbuka

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, memberi makan orang yang berbuka akan mendatangkan pahala yang berlipat. Bagi kita pemburu pahala di bulan Ramadhan, bisa melakukan kegiatan menunggu buka puasa ini dengan menambahkan aktivitas membagikan hidangan yang telah disiapkan.

Memberi hidangan berbuka akan membuat kita mendapat pahala puasa yang sama dengan orang yang menikmati hidangan pemberian kita. Artinya kita mendapat pahala yang berlipat, terutama jika kita membagikannya pada banyak orang. Tidak hanya makanan berat, bahkan segelas air dan sebutir kurma bisa kita bagikan untuk menemani hidangan berbuka.

Apabila orang yang kita beri makanan berbuka merasa senang dan mendoakan kebaikan, maka kita akan memperoleh kebaikan yang lebih. Itu karena doa orang yang berbuka tidak akan tertolak.

Rasulullah bersabda, “Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Orang yang terdholimi.” (HR.Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

5. Berdzikir

Bagi kita yang tidak berencana melakukan kegiatan menunggu buka puasa di luar rumah, kita bisa berdzikir untuk mengisi waktu senggang tersebut. Daripada melamun atau memikirkan hal negatif, lebih baik kita melafalkan kalimat-kalimat thoyibah.

Berdzikir adalah ibadah yang akan membuat kita diingat Allah. Rasulullah bersabda, bahwa Allah berfirman, “Aku bersama sangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku bersamanya jika dia menyebut-Ku. Jika dia menyebut-Ku dalam dirinya, aku pun menyebutnya dalam Diri-Ku. Dan apabila dia menyebut-Ku di hadapan orang banyak, Aku pun menyebutnya di hadapan orang-orang yang lebik baik dari mereka.” (HR.Bukhari dan Muslim).

6. Menulis

Selain membaca Al quran, kamu juga bisa mengisi waktu dengan menulis. Jika kamu mempunyai sebuah blog atau media sosial, kamu bisa menulis dengan tema Ramadan atau tema lainnya. Berbagi ilmu itu hal yang baik, jadi tidak ada salahnya kamu membagikan tulisanmu tadi ke berbagai sosial media.

7. Olahraga

Mungkin sebagian dari kita pernah mengingat ketika masih kecil, sebelum adzan magrib berbuka puasa, diisi dengan bermain sepakbola. Lalu pulang sebelum adzan berkumandang langsung, dengan tubuh masih berkeringat menikmati minuman pembatal puasa. Sungguh nikmat sekali kan. Kamu bisa menikmati sensasi seperti itu dengan alternatif olahraga lain yang sesuai dengan kemampuan.

Ternyata banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Jadi mengapa harus duduk melamun ketika menunggu waktu berbuka puasa. Justru dengan waktu tersebut, kamu bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat dan produktif. Demikian Tulisan kami mengenai kegiatan bermanfaat menunggu berbuka puasa. Semoga bermanfaat. Semoga di bulan ramadhan dapat beribadah secara maksimal.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook