CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Makanan Khas Turki

Oleh | Jum'at, 27 Maret 2020 11:11 WIB | 645 Views
Makanan Khas Turki

Turki merupakan negara yang berada di 2 benua yaitu Eropa dan Asia. Negara ini terkenal dengan keindahan alam serta kekayaan budayanya. Bicara soal kebudayaan tentu tak lepas dengan kuliner terutama makanan khas Turki. Secara umum, Turki terletak di dua benua mengakibatkan adanya interaksi dengan kebudayaan Asia dan Eropa sehingga membawa ciri khas tersendiri bagi makanan khasnya.  Mayoritas makanan khas Turki didominasi oleh bahan baku daging yang kemudian diimbangi dengan sayur mayur dan diisi dengan rempah-rempah yang datang dari pedagang-pedagang Asia.

Makanan Khas  Turki pada mudah ditemui dekat dengan tempat-tempat wisata di Turki terutama pasar. Kehalalan kuliner Turki juga tak perlu diragukan mengingat Turki pernah menjadi negara Islam yang adidaya di zaman kesultanan Turki Ustmani. Di Indonesia sendiri, beberapa makanan khas Turki sudah dipasarkan baik oleh orang Turki maupun oleh orang Indonesia. Tentunya rasa makanan tersebut disesuaikan dengan lidah dan selera orang Indonesia.

Bagi kamu yang berencana untuk berwisata ke Turki, merasakan makanan khas Turki dapat merasakan sensasi yang berbeda dan pengalaman berbeda. Berikut kami lampirkan makanan khas Turki yang bisa menjadi daftar wisata kuliner kamu saat berkunjung ke Turki. Adapun makanan khas Turki ini kami kelompokan berdasarkan bahan dasar dari pembuat seperti roti, daging atau jeroan, nasi dan yang berbentuk camilan.

 

Roti

1. Kebab

 Kebab adalah makanan khas Turki yang berupa daging yang diiris tipis-tipis dengan pemanggangan vertikal berputar serta disajikan dengan roti tortilla dengan cara digulung. Biasanya didalam gulungan roti tersebut selain daging juga ada sayuran seperti selada, tomat, bawang Bombay,  mentimun, saus sambal dan mayonnaise. Daging yang biasa digunakan adalah daging sapi, atau kambing.

2. Pide

Pide adalah pizza khas Turki yang mempunyai bentuk seperti daun yang sangat panjang. Pide dibuat dengan cara dipanggang. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat pide antara lain ragi instan, terigu, susu murni, minyak zaitun, dan air. Adonan roti yang sudah matang kemudian ditaburi biji nigela khas Turki dan juga yoghur yang kemudian diakhiri dengan pemberian topping. Sebagai informasi, makanan khas Turki satu ini termasuk ke dalam makanan pembuka karena cita rasanya yang ideal dengan hidangan pembuka. Pide ini sangat pas untuk di nikmati ketika sedang bersantai serta berbincang bersama rekan maupun kerabat.

3. Simit

Seperti ketika mengunjungi Istanbul, mereka akan mendapati cukup banyak penjual makanan khas Turki yang bentuknya mirip seperti donat dengan tampilan yang lebih menarik. Dikarenakan bentuknya yang menyerupai donat, orang-orang menjulukinya dengan donat Turki. Padahal, nama asli makanan tersebut adalah simit.

Simit adalah roti yang menyerupai bentuk donat dengan permukaan tertutup biji wijen. Roti yang seperti donat ini banyak dijual di pedagang kaki lima di gerobak-gerobak. Anda mungkin saja dapat menjumpai pedagang simit keliling yang membawa simit yang ditumpuk tinggi di atas kepala.

Berbeda dengan donat yang mempunyai struktur yang empuk, simit ini memiliki tekstur kering serta renyah seperti roti bagel. Ukuran serta teksturnya dapat sedikit bervariasi antar satu kota dengan kota yang lain di Turki. Seperti di Ankara, simit yang dijual mempunyai ukuran lebih kecil serta tekstur lebih kering dibandingkan simit di kota lain. Selain dikonsumsi begitu saja, orang Turki mempunyai kebiasaan menikmati simit sambil minum teh turki atau cay yang secara tradisional dihidangkan dalam gelas berbentuk tulip.

4. Baklava

Baklava merupakan roti pastry lapis isi kacang yang disiram dengan madu atau sirup sebagai pemanis. Makanan khas Turki ini biasanya dibuat dengan menumpuk adonan pastry tipis dalam Loyang besar selapis demi selapis dan memberi mentega cair antar lapisan serta potongan kacang di beberapa lapisannya lalu dipanggang. Untuk pemotongan bisa dilakukan sebelum atau sesudah pemanggangan. Setelah matang dipanggang, Baklava disiram dengan banyak madu atau sirup dan dibiarkan agar terendam dan meresap ke setiap lapisannya yang kering.

Baklava termasuk makanan khas turki yang banyak dijual di toko-toko pastry dan juga supermarket. Kamu bisa membeli baklava sebagai oleh-oleh atau di konsumsi sendiri.

5. Borek

Sekilas tampilan Borek tampak sangat mirip dengan Baklava. Hanya saja bila Baklava berisi kacang serta mempunyai rasa yang manis, Borek ini berisi keju, daging cincang, serta sayuran berupa bayam atau kentang. Beragam bahan itu membuat borek mempunyai rasa yang gurih.

Meskipun penampilannya hampir sama, cara membuat Borek berbeda dari Baklava. Borek umumnya dipanggang langsung atau direbus terlebih dulu sebelum dipanggang. Selain itu, Anda dapat juga memilih Borek kering gurih atau Borek basah yang empuk serta lumer di dalam mulut. Sebelum dihidangkan, bagian atas Borek juga ditaburi dengan wijen hitam.

 

Sayuran

1. Dolma

Dolma adalah olahan sayur-sayuran khas Turki yang tergolong unik karena secara penampilan sedikit menyerupai lemper. Cara membuat dolma yakni  beragam sayur seperti terong, paprika, tomat, kol, daun anggur, dan kemudian ditambahkan daging cincang kemudian dibungkus daun dan dikukus setelah matang bisa disantap bersama dengan daunnya.

2. Hummus

Hummus adalah salad khas Turki, berbahan dasar kacang arab (chickpeas), olive oil, air perasaan lemon, lada, serta garam. Makanan khas Turki ini merupakan hidangan pembuka, makanan ini umum dikonsumsi bersama dengan roti pita. Langkah menikmati Hummus yaitu sobek sedikit roti pita dan cocol ke Hummus. Dijamin, kamu pasti akan ketagihan sesudah mencobanya.

3. Patlican Tava

Dibuat dari bahan dasar terong yang dimasak bersama cabai, irisan daging, dan beragam bumbu lainnya, Patlican Tava merupakan salah satu masakan khas Turki yang sangat lezat untuk disantap sebagai lauk sepiring nasi hangat. Rasa pedas bercampur gurih membuatnya pas untuk disantap saat makan siang ataupun makan malam.


Daging dan jeroan

1. Sujuk

Makanan khas Turki yang biasa disantap sebagai menu berbuka puasa adalah sujuk. Sujuk atau sucuk adalah makanan khas Turki berupa sosis yang dimasak tanpa minyak goreng. Selain menjadi menu berbuka puasa, juga bisa dijadikan menu sarapan.

Sosis pada sujuk biasanya dihidangkan bersama bahan lain semisal roti, keju, telur rebus, tomat, timun, dan zaitun. Sosisnya sendiri bukanlah sosis seperti yang biasa dimakan oleh masyarakat Eropa. Sosis untuk sujuk terbuat dari campuran daging sapi giling, bawang bombai, jintan hitam, sumac, garam, dan merica.

2. Kofte

Kofte merupakan Panganan yang berbahan dasar daging sapi atau bisa juga menggunakan kambing dan ayam ini sekilas terlihat seperti daging steak namun dipotong atau dicincang dengan ukuran yang lebih kecil lalu dibentuk seperti sate buntel khas Jogja, hamburget patty, atau bola. Penyajian kofte biasa dilakukan bersama saus dip yang juga berasam dari Turki.

Diolah dengan cara digiling bersama ragam bumbu khas membuat Kofte memiliki rasa gurih yang lezat. Umumnya, kuliner khas Turki ini disajikan bersama salad segar, sepiring nasi hangat, dan juga siraman saus yang menambah kelezatan.

3. Kokoretsi

Kokoretsi yang dikenal juga dengan nama Kokorek adalah olahan jeroan yang diililit dengan usus domba atau kambing sebelum kemudian dibakar bersama ragam bumbu yang membuat kuliner ini memiliki aroma sedap dan rasa yang gurih. Makanan khas Turki yang unik ini biasa dilengkapi dengan roti baquette yang telah dibumbui dengan oregano dan paprika.

Usus yang dipakai untuk membuat kokorek umumnya yaitu usus anak domba yang masih menyusui, sedangkan daging jeroan yang digunakan meliputi hati, jantung, ginjal, serta pankreas. Untuk membuat kokorec, bahan-bahan ini dipotong terlebih dulu selanjutnya dibumbui dengan air perasan lemon, minyak zaitun, oregano, garam serta lada. Jeroan yang telah dipotong serta dibumbui ini lalu ditusuk seperti sate memakai tusukan panjang, kemudian usus yang telah dibersihkan dililitkan menutupinya sampai rapat serta membuat gulungan. Gulungan kokoretsi lalu dibakar di atas bara api sesudah matang dipotong serta dihidangkan dalam piring dengan ditaburi oregano, Di Turki sendiri, potongan kokorec umum dihidangkan dalam setengah roti baguette atau roti sandwich, dengan ditambah oregano serta paprika.

4. Manti

Lidah orang Indonesia bakal suka dengan jenis makanan khas Turki bernama Manti ini. Bentuk Manti ini seperti pangsit khas Turki yang berisi daging sapi dan daging domba. Cara memasaknya juga menggunakan teknik rebus atau goreng sesuai dengan selera. Manti ini akan dihidangkan dengan mentega serta saus yoghurt. Sayang sekali jika kamu melewatkan makanan khas Turki ini.

 

Camilan

1. Kumpir

Anda dapat juga menikmati kentang panggang yang bernama Kumpir. Kumpir yaitu kentang panggang yang dibungkus bersama dengan beragam topping seperti potongan sosis, sayur-sayuran, serta saus dengan rasa gurih lalu dibungkus dengan alumunium foil. Sesudah matang, kentang ini di potong menjadi dua serta diberi mentega dan keju.

Kumpir termasuk makanan khas Turki yang berbentuk camilan namun dapat mengenyangkan karena ukurannya yang sangat besar. Pedagang Kumpir bisa juga menawarkan untuk memberikan topping sosis serta saus tomat di atas Kumpir. Umumnya Kumpir ini banyak dijajakan di tepi jalan atau pasar malam dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk penyajian kumpir biasanya dilakukan di atas tatakan yang mirip seperti alumunium foil.

2. Dondurma atau Es Krim Turki

Dondurma adalah es krim khas Turki yang terbuat dari susu, gula, mastic (bahan pengental yang getah tumbuhan), dan salep (bahan pengental yang berasal dari tepung akar anggrek ungu muda). Penggunaan salep dan mastic pada es krim ini membuat teksturnya menjadi lebih pekat dan lengket seperti permen karet namun rasanya tetap manis dan enak.

Dondurma banyak di jual di kios-kios atau gerobak kali lima di pinggir jalan. Para penjual memakai pakaian khusus yang mirip dengan tokoh film kartun Disney, Aladin. Selain itu, atraksi yang diperlihatkan oleh penjual Dondurma bisa menarik perhatian orang-orang sekitarnya.

2. Lokum atau Turkish Delight

Berkunjung ke Turki tak akan lengkap tanpa mencicipi Lokum atau Turkish Delight, sajian makanan khas Turki ini termasuk golongan manisan yang memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang mampu manjakan lidah pecinta makanan manis.

Lokum menjadi buah tangan sekaligus makanan khas Turki yang sudah terkenal di negara-negara seantero dunia. Camilan manis ini terbuat dari bahan dasar tepung dan gula atau madu. Jika di Indonesia lokum mungkin sejenis dengan mochi.

Lokum sendiri mempunyai tampilan yang menarik dengan ragam bentuk yang menggoda. Tekstur lokum yang legit dan sangat mirip dengan jeli membuat makanan khas Turki ini dikenal oleh penduduk dunia dengan nama turkish delight. Ada banyak rasa dari lokum yang bisa dipilih, seperti jeruk, kayu manis, mint, lemon, dan air mawar. Di Turki sendiri lokum biasa dijadikan camilan untuk berbuka puasa.

 

Nasi

  1. Pilav

Sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki makanan pokok berupa beras atau nasi, jelas Pilav atau kerap dijuluki Nasi Khas Turki wajib untuk dicicipi. Cita rasa nasi yang gurih ini didapatkan dari pengolahannya yang menggunakan butter, garam, serta beragam rempah dan juga bahan tambahan seperti kacang polong.

Para penjualnya lebih banyak menggunakan gerobak kaki lima maka makanan khas Turki ini menjadi santapan pengganjal perut. Kalau di Indonesia mungkin porsi pilav akan serupa dengan nasi kebuli.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook