CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Mengenal Puasa Ayyamul Bidh dan Kelebihannya

Oleh | Kamis, 26 Maret 2020 14:59 WIB | 488 Views
Mengenal Puasa Ayyamul Bidh dan Kelebihannya

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilakukan setiap pertengahan bulan tahun hijriyah. Ayyamul Bidh dilakukan selama tiga hari di setiap pertengahan bulan yakni tanggal 13, 14 dan 15 pada kalender hijriyah, kecuali pada hari Tasyrik di tanggal 13 Dzulhijjah dan puasa wajib bulan ramadhan.

Puasa tersebut dinamakan ayyamul bidh karena pada malam-malam tersebut bulan purnama bersinar dengan sinar rembulannya yang putih.

Adapun landasan hukum  puasa Ayyamul bidh :

1. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1.  berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2. mengerjakan shalat Dhuha, 3. mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari)

2. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari)

3. Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya,

 “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi dan An Nasai)

4. Dari Ibnu Milhan Al Qoisiy, dari ayahnya, ia berkata,

 “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud dan An Nasai)

5. Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata,

 “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada ayyamul biidh ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar.” (HR. An Nasai)

Kelebihan Puasa Ayyamul Bidh

Diriwayatkan bahwa puasa ayymul bidh memiliki kelebihan berupa pahala seperti orang yang melakukan puasa sepanjang tahun.

Dari Abdullah bin Amr bin Al Ash :

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun” (HR Bukhari)
 



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook