CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Cara Cek Nomor Porsi Haji

Oleh | Senin, 09 Maret 2020 17:05 WIB | 1.640 Views
Cara Cek Nomor Porsi Haji

Sebagai negara kepulauan dengan masyarakat muslim terbesar di dunia. Indonesia menjadi salah satu dengan kuota haji terbanyak. Setiap tahunnya, kurang lebih ada 221.000 jamaah haji Indonesia yang bertolak ke Saudi Arabia untuk menjalankan ibadah haji. Untuk tahun 2019 saja, Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji sebesar 10.000 sehingga di tahun tersebut jamaah haji Indonesia yang berangkat berjumlah 231.000.

Dilansir dari antara, jumlah kuota haji Indonesia meningkat menjadi 231.000 jamaah, setelah pemerintah Indonesia mengajukan permintaan penambahan kuota kepada kerajaan Saudi Arabia. Penambahan kuota tersebut dilatarbelakangi meningkatnya masyarakat yang ingin ke Tanah suci. Tingginya permintaan masyarakat tersebut membuat antrian nomor porsi haji Indonesia bisa memanjang sampai 20 tahun lamanya.

Nomor porsi haji merupakan nomor urut pendaftaran yang didapatkan jamaah ketika membayar setoran awal di bank penerima setoran biaya penyelenggara ibadah haji (BPIH) untuk pembiayaan haji. Bagi calon jamaah haji, tentu penting untuk mengetahui informasi mengenai perkiraan waktu keberangkatan yang akan didapat. Seiring dengan teknologi informasi, informasi mengenai kuota haji Indonesia terutama nomor porsi calon jamaah haji bisa didapatkan melalui website dan aplikasi android.

Berikut kami sampaikan cara cek atau mengetahui nomor porsi haji haji Indonesia melalui website dan aplikasi android. Semoga bermanfaat. Caranya cukup mudah, selama calon jamaah haji memiliki akses internet dan hp android.

Cek kuota haji atau nomor porsi haji Melalui Website :

  1. Pastikan sudah membayar setoran awal BPIH. Pembayaran akan disertai bukti setoran awal yang mana mencantumkan nomor porsi haji.
  2. Buka website Kemenag di haji.kemenag.go.id
  3. Arahkan kursor ke tautan basis data dan akan muncul kolom perkiraan keberangkatan, lalu klik.
  4. Masukan nomor di porsi haji di kolom yang tersedia. Nomor porsi haji tertera dalam bukti setoran awal BPIH sebanyak 10 digit. Klik cari.
  5. Informasi seputar porsi haji akan tertera setelah laman terbuka.

 

Informasi yang terbuka di website antara lain perkiraan tahun keberangkatan baik dalam hijriah maupun masehi, kuota dari provinsi calon jamaah, kuota berdasarkan posisi porsi calon jamaah, hingga hitungan perkiraan pelunasan setoran.

 Sementara untuk Cek kuota haji atau nomor porsi haji melalui aplikasi android :

  1. Buka Play Store
  2. Cari aplikasi Haji Pintar
  3. Lakukan instalasi
  4. Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasi
  5. Setelah aplikasi berjalan, pilih menu Informasi Jamaah Haji
  6. Lalu klik Estimasi Keberangkatan
  7. Masukkan nomor porsi haji
  8. Klik Submit
  9. Informasi porsi haji akan tampil

Aplikasi  Haji Pintar ini menampilkan informasi porsi haji dengan cukup detail. Setelah nomor porsi dimasukkan, aplikasi Cek Porsi Haji ini akan menampilkan informasi dasar seperti nomor porsi, nama, asal kota atau kabupaten, nama propinsi, posisi kuota propinsi, dan estimasi waktu keberangkatan.
 

Demikian ulasan kami mengenai cara mengetahui estimasi keberangkatan haji dengan mensubmit nomor porsi haji melalui website dan aplikasi android. Semoga bermanfaat.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook