CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Keutamaan Puasa Senin Kamis beserta manfaatnya

Oleh | Jum'at, 28 Februari 2020 09:01 WIB | 1.579 Views
Keutamaan Puasa Senin Kamis beserta manfaatnya

Puasa atau dikenal dalam Bahasa arab “shaum” merupakan salah satu ibadah yang dijalankan umat Islam di seluruh dunia. Secara harfiah, puasa adalah kegiatan menahan lapar dan haus dari terbit matahari sampai tenggelam matahari. Namun inti dari puasa bukanlah menahan lapar dan haus melainkan menahan hawa nafsu.  Puasa yang kerap kali dijalankan setiap umat Islam tiap tahunnya adalah puasa Ramadhan yang dijalankan selama sebulan penuh. Selain Ramadhan, terdapat juga puasa sunnah lainnya, salah satunya puasa senin kamis.

Puasa senin kamis hukumnya sunnah yakni jika dikerjakan akan mendapatkan pahala, jika tidak maka orang tersebut akan berdosa. Puasa ini paling umum dilaksanakan oleh umat muslim dunia karena semata mata untuk memperolah keberkahan dari Allah SWT.  Bukan tanpa alasan puasa senin kamis banyak diamalkan pada dua hari tersebut. Terdapat hadits yang mengatakan bahwa amal-amal manusia dicatat pada hari tersebut.

Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“segala amal manusia pada hari senin dan kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR Tirmidzi).

Sama halnya dengan puasa Ramadhan, waktu pelaksanaan puasa senin kamis dimulai dari sejak terbit matahari dan diakhiri dengan terbenamnya matahari.

Berikut Manfaat dan Keistimewaan dari puasa Senin Kamis

Keistimewaan puasa Senin Kamis :

1. Hari dimana pintu-pintu surga dibuka

Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)

2. Amalan-amalan manusia akan diangkat dan diperiksa di hadapan Allah SWT

Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim).

3. Senin merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wassalam dan menerima wahyu

Nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wassalam dilahirkan pada hari senin tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah, atau bertepatan dengan tanggal 27 April 571 Masehi.
Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Manfaat Puasa Senin Kamis

Selain keutamaan tersebut di atas, ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dalam melaksanakan puasa sunnah senin dan kamis, diantaranya :

a. Dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang

Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang. Manfaat berpuasa juga dapat membantu dalam melatih kesabaran, melatih menguasai diri, melatih diri dalam meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas ketaqwaannya kepada Allah SWT. 

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

b. Melatih diri untuk berdisiplin

Dengan berpuasa, maka seseorang akan dilatih untuk selalu berdisiplin dalam segala hal, karena ia merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang ia lakukan sehingga ia akan selalu mawas diri dan menghindari segala hal-hal yang nantinya dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasanya.

c. Bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, mengontrol gula darah, meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kesehatan jantung.

d. Menurunkan hawa nafsu

Puasa juga dapat membantu kamu mengontrol hawa nafsu seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits, Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan saran kepada pemuda yang hendak menikah namun belum mempunyai kecukupan, mereka dianjurkan untuk berpuasa.

e. Terhindari dari godaan setan

Berpuasa adalah cara ibadah yang terbaik untuk menghadang upaya syaitan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia. Dengan begitu akan dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia seperti berbuat kemaksiatan atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT.

f. Menjadi pribadi bersabar

Puasa merupakan ibadah yang membiasakan kita untuk bersabar. Mulai dari bersabar dari lapar dan haus, hingga bersabar dari godaan lain yang membatalkannya. Karena itu melaksanakan puasa senin kamis akan membentuk kita menjadi pribadi yang stabil secara emosional.

Demikian ulasan kami mengenai keutamaan puasa senin kamis beserta manfaatnya, melakukan puasa tersebut secara rutin akan membuat perasaan kalian lebih tenang dan jauh lebih enak mengingat berpuasa diharuskan untuk bisa menjaga pikiran.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook