CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Keistimewaan dan Keutamaan Umroh Ramadhan

Oleh | Jum'at, 07 Februari 2020 09:21 WIB | 539 Views
Keistimewaan dan Keutamaan Umroh Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Segala ibadah dan kebaikan yang ada di dalamnya akan dibalas berkali-kali lipat. Selain ibadah puasa dan shalat sunnah yang dikerjakan saat ramadhan, melakukan perjalanan ibadah umroh juga disarankan.

Tulisan ini akan menguraikan keistimewaan umroh di bulan ramadhan yang kami rangkum dari beberapa sumber. Silahkan disimak.

1. Pahala setara dengan Haji

Ibnu Abbas meriwayatkan, dia berkata, Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya pada seorang wanita, “apa yang menghalangimu untuk melakukan haji bersama kami? “dia berkata, “kami hanya punya dua onta, yang satu dibawa oleh bapak dan anaknya, yang satu lagi kami gunakan untuk menyiram kebun.”  Maka nabi berkata,

”Jika datang bulan Ramadan, lakukanlah umrah, karena umrah itu sama dengan haji.” (HR Bukhari no. 1782 dan muslim no. 1256)

Sementara dalam lafazh Muslim, mengatakan .

 “Umrah pada bulan Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Muslim )

hadits ini menjelaskan tentang keutamaan melakukan umroh di bulan ramadhan, sekalipun dalam hadits tersebut menyinggung soal pahala umroh yang dilakukan pada bulan ramadhan adalah senilai dengan pahala haji tetapi tetap tidak bisa mengugurkan kewajiban haji. Wallahu A’lam Bissawab.

2. Dihapuskannya dosa-dosa

Seseorang yang telah menjalankan ibadah umroh satu kali. Kemudian beberapa tahun kemudian, ia melakukan umroh kembali maka dosa-dosanya pada rentang hari dari umroh pertama ke umroh kedua akan diampuni oleh Allah SWT.

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapus dosa diantara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari dan Muslim ). 

3. Pahala shalat berkali-kali lipat

Jika solat fardhu atau sunnah sendirian biasanya kita memperoleh pahala 1, dan saat berjamaah kita mendapatkan 7. Berbeda dengan solat di tanah suci saat haji atau umroh, pahalanya dilipatgandakan. Pahala solat di masjid Nabawi bisa bernilai 1000 kali lipat. Sedangkan di Masjidil Haram 100.000 kali lipat. Bisa dibayangkan kan, betapa luar biasanya keutamaan solat di tanah suci. Solat bertahun-tahun pun sulit bagi kita mengumpulkan pahala sebegitu banyaknya.

Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda :

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah)

4. Doa Terkabul

Salah satu waktu terkabulnya doa adalah ketika umroh di bulan Ramadhan. Dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT saat umroh, Insya Allah doa kita akan dikabulkan. Dari abu huraira, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda “Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah, maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya”. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

 

 



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook