CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Keutamaan Bangun Subuh

Oleh | Kamis, 06 Februari 2020 17:04 WIB | 687 Views
Keutamaan Bangun Subuh

Islam memberikan pedoman bagi umatnya dari lahir sampai meninggal. Salah satunya mengenai waktu bangun tidur yang paling baik. Setiap muslim di dunia wajib bangun subuh karena ada shalat Subuh yang wajib ditunaikan saat itu. Anjuran untuk bangun pagi terutama di waktu subuh sudah tercantum dalam Al Quran Surat Al Isra Ayat 78.

أَ"Dirikanlah Shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)".

Sayangnya masih banyak orang yang belum terbiasa bangun subuh karena berbagai alasan, padahal selain adanya kewajiban shalat subuh ada juga banyak sekali keutamaan di dalamnya. Lantas apa saja keutamaan bangun subuh dalam Islam?

Berikut kami ulas sedikit keutamaan bangun subuh yang kami rangkum dari berbagai media.

1.    Didoakan Malaikat

Rasullullah SAW bersabda,

“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasullullah SAW bersabda, “Tiap menjelang pagi hari dua malaikat turun. Yang satu berdoa: ”Ya Allah, karuniakanlah bagi orang yang menginfakkan hartanya tambahan peninggalan.” Malaikat yang satu lagi berdoa: ”Ya Allah, timpakan kerusakan (kemusnahan) bagi harta yang ditahannya (dibakhilkannya).” (Mutafaqun’alaih)

2.    Menjadi Semangat dan Gembira

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata :

“Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3.    Pintu Rezeki Terbuka

Ketika Rasullullah pulang dari shalat subuh dari Masjid Nabawi dan mendapati putrinya bernama Fatimah masih dalam kondisi tidur. Maka beliau bersabda:

 ”Wahai anakku, bangunlah, saksikan rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, Karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari. ” (H.R. Al-Baihaqi )

4.    Dimudahkan Masuk Surga

Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

“barang siapa yang mengerjakan shalat bardain (subuh dan Asar) maka dia akan masuk surga” (HR Bukhari No. 574).

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim)

5.    Mendapatkan Berkah Dari Allah

Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wa sallam  mendoakan mereka yang bangun sebelum subuh,

“Keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta mereka” (HR Ath Thabrani dalam Al Ausath).

Demikian ulasan kami mengenai keutamaan bangun subuh semoga dapat memotivasi dalam beribadah dan beraktivitas setiap harinya.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook