CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Ini persiapan ramadhan yang bisa dilakukan agar puasa menjadi lebih berarti

Oleh | Senin, 27 Januari 2020 08:46 WIB | 529 Views
Ini persiapan ramadhan yang bisa dilakukan agar puasa menjadi lebih berarti

Tidak terasa dalam hitungan kurang dari 100 hari, akan memasuki bulan ramadhan, bulan yang penuh keberkahan dan kebaikan. Ramadhan merupakan bulan istimewa dimana umat muslim sedunia akan berlomba-lomba menumpuk pahala sebanyak-banyaknya.

Ramadhan merupakan bulan yang datang setahun sekali. Namun, kita belum tentu untuk menjumpai karena bisa saja sebelum bertemu dengan ramadhan, Allah SWT akan sudah mencabut nyawa kita. Oleh karena itu, hendaknya ramadhan dijadikan sebagai bulan habis-habisan untuk beribadah secara total.

Untuk bisa beribadah secara total, diperlukan persiapan ramadhan yang harus dilakukan. Kamu bisa melakukan ini sebelum ramadhan datang. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu persiapkan menjelang ramadhan nanti yang kami rangkum dari hipwee dan sumber-sumber lainnya, agar ibadah puasamu menjadi yang terbaik dan berkesan.

1. Bayar hutang puasa ramadhan lalu

Inilah yang sering dilupakan oleh banyak orang, yaitu membayar hutang puasa di ramadhan lalu. Ada banyak penyebab kenapa bisa terjadi hutang puasa, pertama karena sakit parah sehingga tidak memungkinkan untuk berpuasa, menstruasi, sedang hamil. Masih ada waktu menuju ramadhan yang bisa kamu pakai untuk membayar hutang tersebut

2. Upgrade ilmu seputar puasa ramadhan

Mencari keilmuan seputar puasa ramadhan melalui media online, buku atau langsung hadir dalam majelis taklim merupakan hal yang baik bagi kita dalam mempersiapkan diri menjelang ramadhan. Kamu bisa mencari tentang keutamaan puasa ramadhan, amalan-amalannya, hal-hal yang membatalkan puasa, perayaan idul fitri,  dan sebagainya lalu mereviewnya kembali bisa menjadi energi tersendiri. Pemahaman terhadap keutamaan dan sekelilingnya dalam melaksanakan setiap kebaikan akan menjadi suatu penyemangat sekaligus akan mendorong untuk meningkatkan ketakwaan seseorang.

3. Puasa Sunnah

Menjelang ramadhan ini, cobalah puasa sunnah seperti puasa senin-kamis, puasa ayyamul bidh, tujuannya agar kamu yang masih merasa sulit untuk puasa sebulan penuh bisa menjadi terbiasa di saat ramadhan nanti. Selain itu, bagi kamu yang sudah mempunyai anak dan mengamalkannya ke anak-anakmu bisa menjadi nilai ibadah dan sarana latihan tersendiri.

4. Membaca Al Quran

Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan, setiap amalan akan dibalas berkali-kali lipat oleh Allah SWT. Bagi kamu yang jarang membaca Al quran, sekarang saat yang tepat mulai memperbanyak bacaan Al quran mu. Buatlah target dalam 1 hari habis berapa lembar dalam membaca Al Quran. Lakukan hal itu, sampai saat ramadhan tiba. Tujuannya agar kamu sudah terbiasa membaca Al quran sampai 1x Khattam di bulan ramadhan.

5. Ibadah Sunnah

Biasakan melakukan ibadah sunnah seperti shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, shalat rawatib, dan shalat tahajud. Tujuannya agar kamu terbiasa melakukan shalat sunnah di bulan ramadhan.

Demikian ulasan kami tentang persiapan ramadhan, tujuannya agar kamu bisa beribadah bisa lebih optimal dan menjadi lebih berarti lagi.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook