CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Perbedaan haji reguler dan haji khusus, ternyata belum banyak yang tahu

Oleh | Selasa, 07 Januari 2020 09:02 WIB | 105 Views
Perbedaan haji reguler dan haji khusus, ternyata belum banyak yang tahu

Perbedaan Haji Reguler dan Haji Khusus

Menunaikan ibadah haji merupakan impian bagi seluruh umat muslim di dunia, khususnya di Indonesia. Di dalam negri, ibadah haji tanggung jawabnya masih milik pemerintah namun untuk penyelanggaraan ibadah haji sendiri dibagi menjadi yaitu pemerintah dan swasta. Untuk penyelenggaraan haji versi pemerintah disebut haji reguler sementara penyelenggaraan haji versi swasta disebut haji khusus atau dulu disebut ONH Plus.

Dalam penyelenggaran ibadah haji pada tahun 2019/1440 H, pemerintah memberangkatkan 214 ribu jamaah sedangkan dari haji khusus dengan operator PIHK (penyelenggaran ibadah haji khusus) yang telah berizin memberangkatkan 17 ribu jamaah haji.

Lalu apakah anda mengetahui perbedaan haji reguler dan haji khusus,  tulisan ini akan membahas perbedaan tersebut yang kami rangkum dari amphuri dan sumber lainnya. Yuk, disimak.

1. Masa Tunggu

Masa tunggu untuk haji reguler bisa mencapai 20 tahun sedangkan haji khusus lebih pendek bisa mencapai 7 tahun.

2. Biaya Haji

Biaya haji menjadi perbedaan haji reguler dan haji khusus yang mencolok, untuk haji reguler sendiri biaya berkisar 35 jutaan sedangkan haji khusus berkisar 130-140 jutaan. Artinya biaya haji khusus lebih tinggi 4x dibanding haji reguler.  Namun biaya haji bisa berubah tergantung dari keputusan pemerintah RI dan Saudi Arabia.

3. Penyelenggara

Perbedaan haji reguler dan haji khusus adalah pada penyelenggaranya. Haji reguler diselenggarakan oleh pemerintah sedangkan haji khusus diselenggarakan oleh swasta atau PIHK atau travel haji berizin resmi kemenag. Namun, tetap travel haji ini mengikuti aturan dari pemerintah dan dipantau.

4. Jarak Hotel

Perbedaan haji reguler dan haji khusus yang  mencolok selanjutnya ada pada jarak hotel. Jarak hotel untuk haji khusus dekat dengan Masjidil Haram dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Sedangkan haji reguler, jarak hotel ditentukan oleh pemerintah RI dengan Pemerintah Saudi Arabia.

5. Keterisian kamar

Untuk jamaah haji reguler, kamar tidak boleh diisi lebih dari 5 orang dan tidak bisa memilih nama. Sementara, haji khusus kamar hotel maksimal diisi oleh 4 orang, kemudian jamaah haji khusus bisa memilih nama-nama yang masuk dalam satu kamar. Selain itu, tersedia juga paket haji khusus untuk 2 orang, 3 orang sampai 4 orang.

6. Penerbangan

Penerbangan haji reguler, lantaran jumlah jamaah yang banyak maka untuk kepulangan dan keberangkatan jamaah haji diminta untuk menunggu di asrama haji atau hotel sekitar mekkah atau Madinah. Sementara haji khusus, karena penyelenggaraannya ditangani oleh swasta tiket pesawat sudah dibooking terlebih dahulu sehingga jadwal kepulangan dan keberangkatan sudah jelas.

7. Layanan Tenda di Arafah dan Mina

Untuk akomodasi di Arafah dan Mina, kualitas tenda yang digunakan jamaah reguler sudah hampir sama dengan haji khusus. Bagi jamaah haji khusus, tenda dilengkapi dengan alas kasur, sedangkan haji reguler alas atau karpet biasa.  Selain itu, untuk haji khusus, tendanya sudah ada label dari travel haji bersangkutan.

Sekian dari kami, pemaparan perbedaan haji khusus dan haji reguler. Semoga bermanfaat

Bagi kamu yang ingin berangkat haji khusus, Mihrab qolbi travel menyediakan paket haji khusus, dengan pemaknaan mendalam ibadah dalam manasik haji yang berlangsung selama 3 hari. Kamu semua akan dibimbing secara total dimulai dari teori, praktik manasik lengkap dengan miniatur kabah dan jumrah aqobah bersama dengan ustadz-ustadz pembimbing ibadah yang sudah berpengalaman. Disamping itu, di setiap malam kamu akan dibimbing secara kelompok tentang ibadah-ibadah sunnah yang bisa kamu kerjakan baik mandiri maupun jamaah ketika berada di Mekkah dan Madinah nanti.

Info lebih lanjut tentang Haji Khusus bersama Mihrab Qolbi Travel. Silahkan klik gambar di bawah ini.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook