CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Wisata ke Uzbekistan Menelusuri Pesona Masa lalu Jalur Sutra di Masa Modern

Oleh | Rabu, 11 Desember 2019 16:46 WIB | 120 Views
Wisata ke Uzbekistan Menelusuri Pesona Masa lalu Jalur Sutra di Masa Modern

Uzbekistan merupakan negara yang terletak di Asia tengah. Secara geografis, Negara ini sebagian wilayahnya berada di Asia tengah dan Eropa timur, sebelumnya negara ini merupakan bagian dari Uni Soviet. Uzbekistan sendiri berbatasan dengan Kazakhstan di sebelah barat dan utara, Kirgiztan dan Tajikistan di Timur dan Afghanistan serta Turmenistan di selatan. Walaupun selama berada di bawah Uni soviet, penduduk di negara ini mayoritas memeluk agama Islam.

Di masa lalu, Uzbekistan merupakan negri yang eksotisme yang luar biasa, identik dengan padang pasir disertai dengan perdagangan jalur sutra, Menara-menara anggun, madrasah-madrasah, makam beraksitektur oriental hingga pemandangan kebudayaan Islam. Peninggalan-peninggalan di masa lalu ini masih ada sampai sekarang. Kemudian, kebudayaan Uzbekistan yang berpadu dengan masa modern membuat negara ini mempunyai wisata-wisata unik yang pantas anda kunjungi. Mau tahu apa saja, wisata-wisata menarik di Uzbekistan ini, yuk disimak.

 

1. Kota Tashkent

  • Amir Tour Square

Alun-alun Amir Temur merupakan ikon kota Tashkent, terletak di pusat kota, biasanya warga kota menggunakan tempat ini sebagat tempat santai. Di alun-alun ini ada patung Amir Temur yang terbuat dari tembaga berukuran besar. Amir temur adalah tokoh penting penyebar agama Islam di asia tengah, dan pemimpin dinasti Timurid yang kini dikenal dengan nama Uzbekistan. Beliau juga pemimpin pasukan yang menaklukan wilayah yang saat ini adalah Irak, Iran, Afghanistan, Pakistan, Azerbaijan, Georgia, Uzbekistan, Turmenistan, Tajikistan, Kyrgistan, sebagian besar Turki, Suriah, dan bagian utara, dan barat India.

  • Khasty Imam Complex

Kawasan bangunan peninggalan abad pertengahan yang menyimpan warisan penting untuk muslim dunia. Di Hast imam ada museum Muyi Mubarak yang menyimpan salah satu Salinan Al qur’an tertua di dunia dibuat pada abad ke-7, zaman khalifah Usman bin Affan.

  • Metro Bawah Tanah Tashkent

Sistem kereta bawah tanah yang dibangun tahun 1977, masa pemerintahan Uni Soviet. Stasiun kereta bawah ini jadi daya tarik wisata popular karena keindahannya sehingga disebut sebagai stasiun kereta bawah tanah terindah di dunia.

  • Chorsu Bazaar

Pasar Chorsu merupakan salah satu peninggalan masa jalur sutra. Pasar ini sudah berusia lebih dari 1000 tahun dan masih beroperasi sampai sekarang. Pasar chorsu menyerupai kubah masjid dengan atap berwarna biru. Tempat ini merupakan pasar tradisional terbesar di Tashkent. Pasar ini menjadi rujukan bagi pelancong untuk membeli oleh-oleh makanan di Tashkent.

  • Kukaldash Madrasah

Kukaldash Madrasah semacam madrasah di Tashkent, lokasinya dekat dengan Pasar Chorsu dan Stasiun Metro Chorsu dibangun sekitar 1570 oleh dinasti Shaybanid.

2. Kota Samarkand

  • Komplek Memorial AL Bukhary

Imam Bukhari perawi hadits termahsyur dimakamkan di komplek makam Imam al bukhari yang terletak di Samarkand. Arsitektur yang disajikan menggunakan tradisional dan nasional. Kompleks ini terdiri dari sebuah makam, masjid, kantor administrative, dan bangunan lainnya. Makam Imam bukhari terletak di tengah kompleks. Bangunan makam berbentuk kubus sepanjang 17 meter. Makam perawi hadits ditutupi dengan marmer dan terletak di atas sebuah panggung.

  • Registan Square

Registan square merupakan kompleks pemakaman dari abad pertengahan yang terdiri dari tiga Gedung madrasah besar dan satu buah masjid. Tempat ini merupakan tujuan utama di Samarkand yang tidak pernah sepi dari  wisatawan asing dan lokal.

  • Komplek Arsitektur Shakhi-ZIndeh

Gaya arsitektur kompleks Shakhi-zindeh mengambarkan kebesaran Makam sejak abad ke-11 sampai 15 M dan tercatat di UNESCO sebagai peninggalan sejarah.

Uzbekistan  bisa menjadi destinasi alternatif untuk wisata luar negri. Perpaduan antara kebudayaan masa lalu yang dipengaruhi interaksi berbagai bangsa di sepanjang jalur sutra dan corak kebudayaan Islam yang hadir kemudian di masa modern, pengaruh dari Uni soviet membuat wisata Uzbekistan menarik untuk dikunjungi.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook