CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Manasik Haji, Pengertian, Waktu Pelaksanaan dan Manfaat Mengikutinya

Oleh | Selasa, 10 Desember 2019 14:55 WIB | 76 Views
Manasik Haji, Pengertian, Waktu Pelaksanaan dan Manfaat Mengikutinya

Haji merupakan ibadah umat Islam yang termaktub di rukun islam yang kelima. Haji bisa dilakukan dengan syarat mampu lahir batin,  ekonomi dan tidak menjadi hamba sahaya atau merdeka. Sayangnya, besarnya pattisipasi melaksanakan haji ini membuat antrian semakin panjang bahkan hingga belasan tahun.

Tentunya ibadah haji merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ibadah ini berbeda dengan ibadah-ibadah yang lainnya. Apabila sholat, puasa dan zakat bisa dipelajari dan kalau terjadi kesalahan bisa diulang berbeda dengan haji dimana kesalahan atau kelalaian yang terjadi saat haji akan membuat jamaah harus membayar dam atau denda.

Oleh karena itu, ada manasik haji sebagai sarana dari travel penyelenggara ibadah haji untuk memberikan pemahaman kepada jamaah-jamaah haji tentang ibadah haji.  

Pengertian manasik haji

Manasik haji merupakan proses peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan tersebut, calon jamaah akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan haji yang akan dilaksanakannya, dimulai dari makna filosofis haji, lalu ke rukun haji, persyaratan haji, wajib, sunnah, dan larangan-larangan selam proses haji berlangsung. Manasik haji disertai dengan simulasi ibadah haji secara nyata di lapangan.

Waktu Pelaksanaan Manasik haji

Manasik haji dilaksanakan 1-2 bulan sebelum keberangkatan. Pelaksanaan acara manasik yang padat, membuat acara ini berlangsung 3 hari di sebuah tempat diluar kota. Tujuannya agar jamaah haji bisa fokus dengan konten acara manasik.

Manfaat Mengikuti Manasik Haji

Ini alasan mengapa kamu wajib mengikuti manasik haji dan tidak boleh terlewatkan sedikit pun :

  1. Jamaah haji bisa memahami pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nanti
  2. Jamaah haji memahami esensi ibadah haji tidak hanya yang sifatnya ritual
  3. Up date informasi terkini keadaan di Tanah suci dan tips-tips menghadapinya
  4. Berkenalan dengan tim ibadah haji dari travel
  5. Mempererat ukhuwah diantara jamaah lainnya dan travel haji
  6. Sarana sharing komunikasi antara jamaah haji dengan tim travel haji

Gimana, sudah paham pengertian, waktu pelaksanaan dan manfaat mengikuti manasik haji? Tentunya setiap acara yang sengaja dibuat semata-mata untuk melayani para tamu-tamu Allah SWT di tanah suci. Jangan ragu untuk berkomunikasi dengan travel haji jika ada kesulitan di tengah jalan.

Sekedar gambaran untuk kamu yang ingin mengikuti manasik haji. Tahun 2019, Mihrab qolbi travel melaksanakan manasik haji untuk keberangkatan jamaah haji 2019 di hotel Harris, Sentul, Bogor. Dokumentasi perjalanan manasik haji, bisa kamu klik di GAMBAR bawah ini.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook