CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Oleh Oleh Khas Turki Yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Oleh | Selasa, 26 November 2019 10:24 WIB | 81 Views
Oleh Oleh Khas Turki Yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Berlibur ke suatu tempat tak lengkap rasanya jika tak membawa oleh-oleh khas untuk keluarga, tetangga, dan teman-teman sekitar. Turki sebagai negara yang berada di dua benua yaitu Eropa dan Asia, memiliki ciri khas tersendiri dibanding dengan negara lain, perpaduan dua kebudayaan berbeda.

Kamu yang berlibur ke Turki, nyatanya beruntung karena bisa mendapatkan banyak oleh-oleh Turki. Namun, tidak semua oleh-oleh tersebut kamu bisa beli, entah itu alasan budget dompet atau terbatasnya bagasi pesawat yang membuatmu memutar otak, mana saja yang harus dibawa dan yang tidak.

Sobat mihrab qolbi yang kami cintai karena Allah SWT, tulisan ini akan membahas oleh-oleh khas Turki dengan bisa menjadi referensi kamu untuk yang berlibur ke Turki. Oleh-oleh khas Turki akan kami bagi menjadi beberapa kategori, seperti kuliner, dll

KULINER

1. Baklava

Merupakan salah satu makanan penutup khas Turki. Sajian ini sangat terkenal di Timur tengah, Balkan dan Asia Selatan. Baklava terbuat dari campuran kacang-kacangan yang ditabur diantara lembaran-lembaran adonan, kemudian disiram dengan sirup gula saat akan dinikmati. Sajian bisa bertahan selama 3 hari jika kamu ingin membawa pulang. Kuliner biasanya tersedia di berbagai tempat di Turki.

2. Turkish delight

Sajian penutup khas Turki ialah Turkish Delight atau lokum merupakan sejenis permen yang kenyal, manis, dan wangi. Kudapan ini dibuat dengan tepung dan gula bubuk. Untuk kamu yang penggemar makanan manis, direkomendasikan untuk dibawa pulang.

3. Teh Turki

Teh Turki termasuk jenis teh hitam. Kebiasaan minum teh bagi orang Turki merupakan minuman wajib. Di berbagai pelosok tempat Turki, akan ada banyak orang Turki yang menikmati teh, yang perlu kamu garisbawahi adalah teh Turki berbeda dengan Teh Indonesia dimana rasa Teh Turki lebih dominan pekat dan pahit. Cobalah bawa The Turki ini sebagai rekomendasi untuk oleh-oleh kamu

4. Rempah-rempah

Sebagai persimpangan antara dua benua, Turki telah menjadi pusat perdagangan selama berabad-abad. Rempah-rempah selalu menjadi peran kunci dalam perdagangan. Bazaar di Istanbul adalah pasar tradisional yang menyediakan rempah-rempah terbaik. Mampir lah ke sana dan beli beberapa rempah-rempah yang menurut kamu jarang temui di Indonesia.

5. Buah kering

Buah kering merupakan oleh-oleh khas Turki selanjutnya yang bisa kamu bawa. Buah apricot, anggur dan lain-lain bisa kamu hidangkan di meja tamu.

6. Permen Kastanye

Makanan penutup manis lainnya berasal dari Bursa, permen kastanya. Permen manis yang terbuat dari chestnut yang diambil dari wilayah Gunung Uludag direbus dalam sirup gula. Permen kastanye juga memiliki beberapa variasi, salah satunya permen dengan taburan cokelat. Permen chestnut (kestane sekeri) adalah buah tangan favorit bagi orang Turki saat kembali dari Bursa.

6. Minyak Zaitun

Turki adalah pemasok terbesar minyak zaitun ke negara-negara Eropa. Ada beragam ekstrak olahan zaitun yang dijual di sini mulai dari krim tangan, sabun, hingga pelembap rambut.

Pernak-pernik

1. Gantungan kunci

Oleh-oleh khas Turki paling simpel dan bisa dibawa dalam jumlah banyak adalah gantungan kunci. Gantungan kunci yang banyak dijumpai adalah yang berbentuk sepatu dan lampion berukiran lukisan khas Turki. Ada banyak penjual gantungan kunci yang bisa ditemui di Grand Bazaar.

2. Lampu Gantung

Walaupun terkesan sebagai jenis oleh-oleh mewah, sebenarnya lampu hias Turki dijual dengan harga yang murah. Apalagi bentuk dari lampu hias ini unik, lucu dan menarik, sehingga sangat cocok diletakkan di dalam kamar, ruang tamu ataupun di ruangan tertentu yang ada di dalam rumah.

3. Nazar Bonjuk

Nazar Bonjuk atau yang sering disebut Turkish Blue Eyes ini menjadi salah satu souvenir khas Turki yang bisa traveler bawa pulang. Souvenir ini biasa dijadikan gantungan di rumah atau di pohon. Ada juga yang menjadikannya tasbih.

4. Tasbih

Tasbih merupakan tasbib yang bisa kamu bawa dan berikan ke orang-orang terdekat.

5. Batu Oltu

Jika kamu berada di sekitar kota timur Erzurum, kamu harus mengunjungi distrik Oltu yang sangat bersejarah. Batu semi-logam mulia ini secara tradisional telah digunakan dalam pembuatan cincin, anting, kalung, gelang, pin dasi, pipa rokok, dan tasbih. Batu Oltu juga dikenal dengan sebutan amber hitam. Batu padat ini sangat menarik karena teksturnya yang ringan seperti dan juga dapat membakar suatu benda jika kita menggosoknya ke permukaan benda tersebut.

Rumah Tangga

1. Karpet

Jika kamu tertarik dengan karpet tradisional Turki, Anda harus mengunjungi Hereke. Kota ini terletak di provinsi barat laut Kocaeli,  dekat dengan Istanbul. Pabrik karpet tertua di Turki terdapat di kota tersebut. Sebagian besar karpet di istana bersejarah di Istanbul diproduksi di Hereke.

Namun untuk membawa karpet ini diperlukan dompet yang agak dalam. Jika barang di bagas sudah tidak muat, pakailah jasa kurir lintas negara.

2. Lampu hias Turki

Kesan mewah memang ada di lampu hias khas turki namun harga murah bisa kamu dapatkan jika pandai menawar di grand bazaar. Apalagi bentuk dari lampu hias ini unik, lucu dan menarik, sehingga sangat cocok diletakkan di dalam kamar, ruang tamu ataupun di ruangan tertentu yang ada di dalam rumah Anda.

3. Produk kulit dan bulu

Produk kulit dan bulu ini bisa kamu temukan di Grand Bazaar, biasanya berbentuk tas, jaket, atau celana, kamu bisa membelinya dengan harga murah asal pandai menawar.

Sobat Mihrab qolbi, seperti sudah penuh daftar barang bawaan di bagasi anda yang kami rekomendasikan untuk oleh-oleh khas Turki. Tidak berarti semua rekomendasi diatas bisa kamu beli semua. Carilah yang menurut mu berguna dan menimbulkan yang mendalam bagi si penerima oleh-oleh.

Mihrab qolbi telah merancang paket mono turki bagi sobat Mihrab Qolbi Travel yang ingin jalan-jalan Turki namun tak melupakan ibadah-ibadahnya. Oleh karena itu, ada ustadz pembimbing ibadah yang akan menjadi Tour leader sekaligus pemandu wisata anda.

Info lebih silahkan KLIK GAMBAR dibawah ini.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook