CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

10 Keistimewaan Hari Jumat bagi Umat Islam

Oleh | Selasa, 29 Oktober 2019 08:42 WIB | 50 Views
10 Keistimewaan Hari Jumat bagi Umat Islam

Biasanya orang-orang biasa akan menyenangi hari jumat karena besoknya libur bekerja bagi para karyawan. Mereka bisa rehat sejenak dari segala aktivitas setelah hari jumat. Namun yang perlu kalian ketahui, bahwa hari jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Jumat disebut sebagai hari Sayyidul ayyam atau hari yang lebih utama dibanding hari-hari lainnya. Tanpa pikir panjang, yuk disimak  apa saja keistimewaan hari jumat.

1. Hari terbaik

Dalam hadits Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR Muslim)

2. Waktu Mustajab untuk berdoa

Mustajab dalam KBBI artinya “dengan mudah (lekas)…”  dalam pengertian sehari-hari kita artinya “mudah dijawab”. Salah satu keistimewaan hari jumat adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Sesuai dengan hadits oleh Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu,” (HR. Muttafaqu Alaih).

3. Sedekah yang terbaik di hari jumat

“Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat maka pahala berlipat ganda dari hari lain.” (HR. Abi Syaibah).

Pelipatgandaan pahala sedekah di hari Jumat disebabkan oleh kemuliaan waktu. Di mana ada beberapa faktor yang menyebabkan suatu amal dilipatgandakan pahalanya. Di antaranya karena keutamaan waktu dan tempat kapan dan di mana amalan tersebut dilakukan. Keutamaan sedekah di Hari Jumat dikarenakan ada “gabungan” dua kebaikan itu, sedekah dan hari Jumat, yang sama-sama mulia dan penuh keutamaan.

4. Pahala senilai qurban

Abu Hurairah mengabarkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda:

Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat seperti mandi janabah lalu segera pergi ke masjid pada jam yang pertama maka seakan-akan berkurban dengan unta yang gemuk, dan barangsiapa yang pergi pada jam yang kedua, maka seakan-akan ia berkurban dengan sapi betina, dan barangsiapa pergi pada jam yang ketiga, maka seakan-akan ia berkurban dengan domba yang bertanduk, dan barangsiapa yang pergi pada jam yang keempat seakan-akan ia berkurban dengan seekor ayam, dan barangsiapa yang pergi pada jam kelima, maka seakan-akan ia berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam telah keluar (untuk berkhutbah), maka para Malaikat turut hadir sambil mendengarkan dzikir (nasihat/peringatan).”  (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Shalat jumat

Keistimewaan hari jumat selanjutnya adanya ibadah khusus yang hanya dikerjakan pada hari Jumat, yakni shalat Jumat.

Shalat jumat itu wajib atas tiap orang muslim berjamaah kecuali empat orang: Hamba sahaya, atau wanita, atau anak-anak (yang belum baligh) atau orang sakit.” (HR. Abu Dawud dan Alhakim).

6. Meninggal saat hari jumat dijauhkan dari fitnah kubur

Di antara keistimewaan hari Jumat adalah orang yang meninggal pada malam atau hari Jumat berpeluang besar memperoleh husnul khatimah (akhir kehidupan yang baik) dan dijauhkan dari fitnah kubur.

Dari Abdullah bin ‘Amr RA berkata, Rasulullah SAW, bersabda:

“Tidaklah seorang muslim meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam Jumat melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah (pertanyaan) kubur.” (HR. Tirmidzi, Ahmad, Humaid, Abu Ya’la, dan Al-Baihaqi).

7. Shalat subuh di hari Jumat merupakan shalat paling afdhal

Shalat Subuh berjamaah pada hari Jumat merupakan shalat paling afdhal yang dilakukan seorang hamba dalam sepekan. Ibnu Umar mengabarkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda;

Shalat paling afdhal di sisi Allah adalah Shalat Subuh pada hari Jumat secara berjamaah”. (HR. Al-Baihaqi).

Dan di antara kekhususan Shalat Subuh pada hari Jumat adalah disunnahkan membaca surat As-Sajdah pada rakaat pertama dan Surat Al-Insan pada rakaat kedua.

Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah, “Bahwa Nabi Muhammad Saw. biasa membaca pada shalat subuh di hari Jumat Alif Lam Mim Tanzil  [Surat As-Sajdah] dan hal Ata Alal Insani hinum minad Dahr [Al-Insan]”. (HR. Bukhari dan Muslim).

8. Pengampunan dosa

Pengampunan dosa menjadi salah satu keistimewaan hari jumat Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa yang mandi pada hari jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke mesjid, dan masuk mesjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua jum’at.” (HR. Bukhari)

9. Jalannya orang shalat jumat adalah pahala

Persiapan shalat jumat dimulai dari mandi sampai imam berkhutbah dihitung sebagai pahala, menjadi keistimewaan hari jumat sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW dalam riwayat imam Ahmad.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Siapa yang mandi pada hari jum’at, kemudian bersegera berangkat menuju mesjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan setara dengan pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah.” (HR. Ahmad).

10. Amalan di hari Jumat

Keistimewaan hari jumat adanya amalan yang dianjurkan untuk dilakukan khusus di hari tersebut, antara lain :

  • Memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW
  • Membaca surat Al Kahfi
  • Mandi, bersiwak, dan memakai wewangian sebelum mendatangi shalat jumat
  • Memperbanyak shalat sunnah sebelum khutbah dan shalat jumat dimulai
  • Memperbanyak doa
  • Memakai pakaian terbaik

Demikian ulasan kami tentang keistimewaan hari jumat. Semoga bermanfaat.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook