CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Amalan Hari Jumat Yang Bisa Kamu Kerjakan

Oleh | Jum'at, 25 Oktober 2019 07:51 WIB | 61 Views
Amalan Hari Jumat Yang Bisa Kamu Kerjakan

Semenjak kecil, acap kali ada ucapan “Jumat merupakan hari pendek”. Ini terjadi karena sekolah biasanya memulangkan siswanya lebih cepat dan jam istirahat siang bagi para karyawan kantor lebih panjang untuk melaksanakan shalat jumat.

Namun, masih banyak di antara kita yang mungkin belum banyak tahu ada keistimewaan hari jumat bagi umat muslim. Tidak melulu tentang shalat jumat, ada amalan hari jumat lain yang bisa mendatangkan pahala yang besar dan keberkahan dari Allah SWT.

Disebutkan di dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah,  "Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat." (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Berikut amalan hari jumat yang bisa kamu lakukan, yang kami rangkum dari berbagai macam sumber.

1. Memperbanyak Shalawat Nabi Muhammad SAW

Dari Abu Umamah, Nabi Muhammad SAW bersabda

Perbanyaklah shalawat kepadaku  pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”

2. Dianjurkan membaca surat Al Kahfi

Membaca surat Al Kahfi bisa menjadi amalan hari jumat untuk mudah kamu kerjakan. Hal ini sesuai dengan hadits dari dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi Muhammad SAW bersabda,

Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum’at” (HR Hakim)

3. Memperbanyak doa di hari jumat

Amalam hari jumat selanjutnya adalah memperbanyak doa di hari jumat. Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW membicarakan mengenai hari Jum’at lalu ia bersabda,

“Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Membersihkan diri

Membersihkan diri mungkin amalan hari jumat yang mungkin dilupakan bagi sebagian dari umat muslim. Namun, amalan ini sangat dianjurkan terutama jika akan memasuki shalat jumat. Membersihkan diri yang dimaksudadalah membersihkan diri secara total seperti mandi keramas, memotong kuku, dan sebagainya. Hal ini sesuai dengan hadits dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Barang siapa yang mandi pada hari jumat, maka ia mandi seperti mandi janabah..."(HR Bukhari dan Muslim). 

5. Pakaian terbaik

Alangkah baiknya ketika saat memasuki shalat jumat dianjurkan memakai pakaian terbaik yang bersih, dan rapi. Sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW bersabda : “ wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat jumat, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Hajjah)

6. Memakai wewangian

Setelah mandi dan mengenakan pakaian terbaik, alangkah lengkap rasanya jika ditambah dengan menggunakan minyak wangi. Sehingga diri kita akan tampak bersih dan wangi.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Bersedekah

Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, 'Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan". ( Imam Syafei, al-Umm, Juz 1)



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook