CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Cara Mengurus Suntik Vaksin Meningitis Beserta Biaya dan Persyaratan

Oleh | Jum'at, 04 Oktober 2019 14:44 WIB | 109 Views
Cara Mengurus Suntik Vaksin Meningitis Beserta Biaya dan Persyaratan

Meningitis merupakan infeksi pada selaput di sekitar otak dan saraf tulang belakang. Infeksi ini disebabkan oleh virus dan bakteri. Gejala khas dari penyakit ini adalah demam tinggi dan mengigil, sakit kepala akut, leher kaku, sering pingsan, sensitif pada cahaya, mual dan muntah, serta kejang. Diagnosis meningitis terbilang sulit dilakukan karena gejalanya sering muncul tiba-tiba dan mirip dengan penyakit lainnya.

Virus dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit meningitis bukan berasal dari Indonesia. Sehingga bagi warga yang ingin bepergian ke luar negri seharusnya diwajibkan untuk vaksin meningitis. Namun, di Indonesia sendiri suntik meningitis hanya diberikan kepada mereka yang ingin mengunjungi ke negara yang beresiko.

Secara umum, beberapa orang yang sangat dianjurkan untuk melakukan suntik meningitis, di antaranya :
a. Orang yang bepergian atau tinggal di negara di mana penyakit meningitis mewabah seperti Arab Saudi dan sebagian negara negara di Afrika. Oleh karena itu pemerintah mewajibkan suntik meningitis bagi jamaah umroh dan haji sebelum berangkat dan menjadi syarat wajib untuk mengajukan visa.

b. Mengalami kerusakan limpa atau sudah tidak memiliki limpa

c. Memiliki gangguan sistem imun

d. Memiliki jenis gangguan langka tertentu

e. Sedang mengomsumsi obat siliris

f. Pernah mengalami meningitis sebelumnya

g. Bekerja di laboratorium yang rutin bersinggungan dengan bakteri dan virus Meningitis

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah meningitis adalah melalui vaksinasi meningitis. Vaksin ini biasanya diberikan pada wisatawan yang akan bepergian ke negara lain terutama ke negara endemik, jamaah haji dan umroh serta personil militer atau polisi yang ditugaskan ke luar.

Suntik vaksin meningitis merupakan kewajiban bagi para calon jamaah umroh atau jamaah haji sebagai persyaratan pembuatan visa di kedutaan. Suntik vaksin dilakukan sekurang-kurangnya dua minggu sebelum jamaah umroh berangkat ke Tanah suci. Tujuan dari suntik tersebut adalah untuk melindungi jamaah dari penularan penyakit radang selaput otak / Meningitis selama 3 tahun. Hasil dari suntik vaksin meningitis akan diberikan buku kuning yang menandakan yang bersangkutan sudah melakukan suntik vaksin.

Bagi kamu yang ingin berangkat umroh, sediakan waktu maksimal 2 minggu sebelum keberangkatan untuk mengurus suntik vaksin meningitis. Khusus untuk wanita hamil dan anak-anak sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memeriksa kesehatan si janin dan anak-anak.

Meningitis bukanlah penyakit menular seperti flu. Penyakit ini bisa menyebar dengan cara kontak dan hasil sekresi tenggorokan dan saluran nafas lainnya yang terinfeksi oleh bakteri. Karena resiko terinfeksi penyakit ini pada orang yang banyak kontak atau dekat dengan pasien maka anggota keluarga atau orang yang tinggal serumah memiliki resiko tinggi untuk mengalami penyakit ini.

 

Cara Mengurus Suntik Vaksin Meningitis

Suntik Vaksin Meningitis dapat dilakukan oleh jamaah umroh dan haji dengan datang langsung ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang tersebar di kota – kota Indonesia. Selain KKP, suntik vaksin meningitis juga bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Pelayanan  suntik vaksin ini diselenggarakan pada hari senin – jumat dari jam 08.00- 15.00. pada tulisan ini, kami akan mengulas suntik vaksin meningitis di kantor kesehatan pelabuhan atau KKP. 

  1. Memilih lokasi Suntik Vaksin yang dekat dengan domisili
  2. Untuk kamu yang memilih suntik vaksin di KKP. Silahkan mendaftar secara online di link ini.
  3. Silahkan mengisi formulir registrasi, isi sesuai kemauan dan keperluan. Khusus Jakarta bisa dilakukan di KKP Soekarno-Hatta
  4. Siapkan dokumen persyaratan vaksinasi, seperti :
  1. Fotokopi paspor
  2. Pas foto 4x6 sebanyak 1 lembar
  1. Setelah siap semua dokumen, kamu bisa berangkat sesuai jadwal. Usahakan datang lebih awal agar tidak terlalu mengantri
  2. Biaya suntik vaksinasi Meningitis Rp 305.000 (harga ini bisa saja berubah). Pembayaran bisa dilakukan di loket khusus atau melalui ATM dengan no. rekening yang sudah ditentukan.
  3. Setelah selesai suntik vaksin Meningitis kamu akan mendapatkan buku kuning meningitis dengan nama yang sama dengan nama paspor mu.
  4. Jika sudah mendapatkan buku kuning meningitis langsung saja disampaikan ke travel umroh agar kepengurusan visa grup keberangkatan umroh bisa langsung diproses.
  5. Selesai

Itulah sekelumit pengenalan suntik vaksin meningitis, penyakit meningitis, tujuan vaksin meningitis sampai mengurus suntik vaksin meningitis. Semoga tulisan ini bisa membantumu untuk persiapan umroh.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook