CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Membahagiakan Orangtua, Begini Cara Untuk Kamu Yang Belum Mapan

Oleh | Jum'at, 20 September 2019 10:26 WIB | 686 Views
Membahagiakan Orangtua, Begini Cara Untuk Kamu Yang Belum Mapan

Sebagian besar dari diri kita ingin membahagiakan orangtua namun pesimis karena merasa belum menjadi orang sukses. Padahal membahagiakan orangtua tidak selalu berkaitan dengan kesuksesan kita sebagai anak namun ada hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan ke orangtua mu. Berikut kami rangkum cara sederhana membahagiakan orangtua yang bisa kamu lakukan.

1. Rutin Menelepon

Kalau kamu yang tinggal terpisah dengan orangtua baik sebagai pekerja, pengusaha, maupun mencari ilmu, menelepon orangtua secara rutin merupakan cara yang sangat mudah, dan sederhana untuk membahagiakan mereka.
Kamu cukup secara rutin menelepon secara berkala, entah itu seminggu sekali, 3 hari sekali, dan lain-lain. Jangan menelepon orangtua hanya karena ada perlunya saja atau saat ada butuhnya saja.

Hanya sekedar menanyakan kabar dan memberitahu keadaan kamu ke mereka sudah cukup membahagiakan dan hati tenang.
 

2. Berikan Kejutan

Masih terkait dengan kamu yang tinggal terpisah dengan orangtua. Memberikan kejutan saat tiba-tiba pulang tanpa memberi kabar, akan membuat orangtua senang. Walaupun kadang mereka akan ngomel karena tidak ada pemberitahuan. Tapi itu karena mereka belum menyiapkan hidangan istimewa untuk menyambut anaknya.
Bawalah kado atau bingkisan istimewa tidak perlu menunggu perayaan hari raya tertentu. Bilang saja, lagi ada syukuran promosi jabatan atau proyek terbaru.
 

3. Beli Makanan Kesukaan Mereka

Kamu yang suka pulang malam atau jarang pulang ke rumah tidak ada salahnya membelikan makanan kesukaan mereka. Kalau ada waktu senggang, ajaklah mereka untuk makan di luar atau yang menjadi tempat favorit mereka.
 

4. Luangkan Waktu

Kamu yang sudah sering tenggelam dalam pekerjaan kantor atau aktivitas luar lainnya. Sempatkan waktu seminggu sekali bersama orangtuamu. Ajak keluarga kecilmu, kalau bisa menginap semalam bersama mereka juga akan tak masalah.
 

5. Sering Ngobrol Bersama Mereka

Saat datang berkunjung ke rumah orangtua, jangan hanya sekedar berkunjung melainkan sempatkan waktu untuk mengobrol, ajak mereka main bersama anakmu. Ceritakan dinamika yang terjadi di keluargamu, siapa tahu mereka ada inspirasi usulan atau segala macamnya.

6. Sekolah Sampai Sarjana
Jika kebetulan orang tua mampu menyekolahkan kamu hingga perguruan tinggi, jangan pernah mensia-siakannya. Selesaikan kuliah kamu tepat waktu, jangan terlalu sibuk dengan kegiatan di luar kuliah. Kalau bisa bahkan kamu lulus dengan nilai yang terbaik. Tidak ada kebanggaan paling besar yang dirasakan orang tua ketika menyaksikan anaknya diwisuda.
Ini akan menjadi cerita yang tak pernah habis mereka katakan saat bertemu dengan keluarga besar. Karena kamu adalah sosok yang bisa mereka banggakan. Kalaupun orang tua tidak punya dana cukup untuk menyekolahkan kamu sampai perguruan tinggi, jangan langsung putus asa. Coba cari beasiswa yang bisa membantu kamu memenuhi biaya kuliah. Saat lulus sebagai sarjana, nilai kebanggaan orang tua akan jauh lebih besar lagi.

7. Ringankan Beban Orangtua
Pada dasarnya semua orang tua pasti akan berusaha memenuhi keinginan anak-anaknya. Mereka akan banting tulang guna mendapatkan uang yang bisa memenuhi setiap kebutuhan anak. Dan mereka menjalaninya tanpa meminta imbalan apa pun. Karena itu, sudah sepatutnya kamu tidak terlalu membebani orang tua dengan banyak permintaan. Dengan mengurangi permintaan kamu sudah membantu mengurangi beban orang tua.
Cara yang cukup mudah dalam membantu mengurangi beban orang tua adalah dengan ikut membersihkan rumah secara rutin. Kalau kamu belum bisa membantu dalam hal keuangan, bisa membuat mereka tersenyum pun sudah cukup.

8. Kirim Doa untuk Orangtua
Setiap kali kamu shalat wajib dan sunnah, selalu doakan kedua orangtuamu. Sama seperti orangtuamu mendoakan kamu sejak dari kecil sampai sekarang. Doa kamu memang secara tidak langsung membahagiakan mereka. Tapi justru Allah SWT yang akan membahagiakan mereka melalui doa-doamu.
 

9. Sering Kunjungi Orangtua Bersama Keluarga Kecilmu

Ajaklah keluarga kecilmu ke rumah orangtua minimal seminggu sekali. Tidak usah menunggu perayaan hari raya lebaran atau libur lainnya.

 

10. Ajak Rekreasi dan Ibadah Bareng

Orangtua mu sudah masuk usia pensiun artinya hari-hari aktif mereka sudah jarang ada sehingga ada kecenderungan mereka mencari kegiatan di luar. Kegiatan yang paling dekat dari kebanyakan orangtua adalah beribadah. Coba kamu perhatikan siapa yang paling banyak ikut shalat berjamaah di masjid dekat rumah.
Jika kamu punya rezeki lebih atau sudah menabung lama. Ajak mereka umroh bersama kamu dan keluarga sekalian rekreasi ibadah di Tanah suci. Tiada kebahagiaan yang tidak terkira seorang muslim dibandingkan dengan datang ke Baitullah, tawaf di Kabah, mencium hajar aswad, dan ibadahwajib dan sunnah lainnya di Tanah suci.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook