CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Adab Menyembelih Hewan Kurban

Oleh | Rabu, 31 Juli 2019 10:26 WIB | 731 Views
Adab Menyembelih Hewan Kurban

Ada momen dalam bulan Zulhijah yang sangat sakral dalam Islam. Semua umat muslim berbondong-bondong untuk melakukan hal tersebut. Pada momen tersebut, umat Islam dianjurkan untuk menyembelih hewan ternak seperti kambing, sapi, kerbau ataupun unta. Prosesi penyembelihan hewan ternak ini dilakukan salah satunya sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.

Kurban sendiri mulai dikenalkan kepada umat manusia pada masa Nabi Ibrahim AS. Kala itu, Nabi Ibrahim AS lama berpuluh-puluh tahun tak dikaruniai putra bersama Siti Sarah. Setelah mendapatkan izin dari Sarah, Nabi Ibrahim AS menikah lagi dengan Hajar. Keduanya dikaruniai seorang putra bernama Ismail. Nabi Ibrahim sangat bahagia sekali.

Namun, kebahagiaan itu tak bertahan lama. Nabi Ibrahim AS diberi wahyu lewat mimpi untuk menyembelih Nabi Ismail AS. Meski tak tega, Nabi Ibrahim AS haeus melaksanakan perintah tersebut. Beliau menyampaikan kabar itu kepada anak. Tak disangka, sang putra setuju karena itu merupakan perintah Allah SWT. Tapi, ketika Nabi Ibrahim akan melaksanakan prosesi penyembelihan, Allah SWT mengganti Ismail dengan seekor kambing.

Sejak saat itu, kurban menjadi salah satu ibadah rutin yang diadakan setiap tahunnya oleh umat Islam. Selama ini mungkin kita sekadar tahu bahwa kurban dilaksanakan setelah salat Hari Raya Idul Adha. Namun, sebagian dari kita banyak yang belum memahami lebih dalam mengenai kurban, salah satunya tentang adab menyembelih hewan kurban. Kami akan menghimpun adab tersebut dalam berbagai sumber. Berikut pemaparannya.

  1. Niat. Berniatlah bahwa kurban hanya untuk Allah SWT. Niat harus dengan hati namun jika ingin menguatkan bisa dilafalkan dengan lisan
  2. Mengikat hewan kurban. Sebelum disembelih, hewan kurban sebaiknya diikat dengan agar tidak kabur dan hendaknya dirawat terlebih dahulu sebelum di sembelih.
  3. Mengiring hewan kurban dengan baik ke tempat penyembelihan.
  4. Tajamkan pisau yang akan digunakan menyembelih hewan kurban
  5. Jangan menajamkan pisau di depan hewan kurban
  6. Proses penyembelihan hendaknya dilakukan di tempat yang jauh agar hewan kurban tidak melihat
  7. Hewan kurban yang akan disembelih diletakan ke tanah dengan posisi miring ke sebelah kiri.
  8. Penyembelih dianjurkan menghadap kiblat dan hewan kurban yang akan disembelih dihadapkan ke arah kiblat
  9. Sebaiknya menyembelih sendiri jika bisa.
  10. Menyembelih hewan kurban dengan menyebut nama Allah SWT.
  11.  Untuk hewan kurban yang berukuran besar semisal sapi, kerbau, unta, hendaknya minta bantuan orang lain untuk meringkusnya, mengingat tenaga dari hewan tersebut cukup besar

Demikian informasi tentang adab menyembelih hewan kurban, semoga bermanfaat.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook