CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Umum

Persiapan umroh yang harus diperhatikan

Oleh | Senin, 29 Juli 2019 13:02 WIB | 531 Views
Persiapan umroh yang harus diperhatikan

Umroh merupakan salah satu ibadah sunnah yang diimpikan oleh umat Islam Indonesia. Meskipun berjarak jauh dari tanah air, masih banyak masyarakat yang menyiapkan harta, waktu dan tenaga hanya untuk mengunjungi Baitullah. 

Bagi kamu yang berencana berangkat umroh tahun ini, ada baiknya menyiapkan beberapa hal terkait umroh. Pastikan perhatikan beberapa persiapan umroh berikut ini.

1. Pemilihan waktu tepat

Poin pertama yang harus kamu persiapkan umroh adalah sebelum memutuskan mendaftar keberangkatan umroh adalah pemilihan waktu yang tepat. Sesuaikan jadwal umroh dengan waktu yang kamu sediakan, mengingat perjalanan dan proses ibadah memakan waktu yang cukup panjang.

Kamu bisa mempertimbangkan dengan melihat kondisi cuaca di Tanah suci, lalu bulan-bulan tertentu ketika jamaah umroh dalam keadaan high season.

Jika kamu pekerja kantoran, pastikan sudah mendapatkan izin dari kantor agar tidak mengganggu ibadah dan pekerjaanmu. Selain itu, sebelum keberangkatan diwajibkan menyelesaikan semua pekerjaan sebelum keberangkatan. Untuk kamu yang merupakan bekerja di lembaga pemerintah, alangkah baiknya memperhatikan aturan cuti yang berlaku di lembaga.

2. Mempersiapkan Kondisi Tubuh

Persiapan umroh selanjutnya adalah kesehatan, tubuh yang sehat akan membuat ibadah menjadi lebih khusyuk dan berjalan baik. Persiapkan kondisi tubuh dengan baik, kamu bisa berolahraga, menjaga asupan makanan dan pikiran dengan baik. Mulailah beberapa bulan sebelum berangkat, mengingat kondisi cuaca di Saudi Arabia berbeda jauh dengan Indonesia. Tips dari kami, jangan langsung minum air dingin manakala sudah sampai di Tanah suci agar tubuh bisa beradaptasi terlebih dahulu dengan suhu lingkungan.

3. Membawa pakaian

Baju ihram merupakan salah satu persiapan umroh  yang digunakan saat beribadah di Baitullah, selain itu, jangan melupakan membawa jenis pakaian lainnya yang pasti dibutuhkan saat mengunjungi tempat lainnya di Mekkah dan Madinah. Total yang dibutuhkan saat perjalanan umroh antara 9 hari untuk paket umroh reguler, 12 hari untuk paket umroh plus Turki, sampai 17 hari untuk paket umroh itikaf ramadhan.

Agar tidak terlalu banyak membawa pakaian di dalam koper, buat estimasi satu paket pakaian untuk digunakan 2 sampai 3 hari. Jangan lupa bawa masker, kacamata hitam dan syal untuk melindungi wajah dari debu saat beraktivitas santai di luar ruangan. Jaket tebal dibawa untuk kamu yang berumroh di musim dingin.

Kamu bisa membeli pakaian di kota Mekkah dan Madinah seperti gamis pria, atau lainnya. Disini kamu harus pandai menawar ke pedagangnya.

4. Peralatan Kebersihan Diri

Persiapan umroh yang tidak boleh ketinggalan saat berangkat adalah membawa peralatan kebersihan diri seperti alat mandi. Misalnya saja dengan membawa sabun yang bermanfaat menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

Sebenarnya alat mandi kamu bisa beli di Tanah suci. Namun, ada beberapa perlengkapan mandi yang memang cocok untuk kulit tertentu, hendaknya kamu persiapkan di tanah air.

5. Persiapkan Dokumen Diri
Layaknya pergi ke negara orang, hendaknya kamu mempersiapkan dokumen-dokumen sesuai dengan peraturan Saudi Arabia. Dokumen paspor, buku kuning meningitis, dan lain-lain hendaknya dipersiapkan sejak awal. Paspor sendiri berlaku selama 5 tahun, tidak ada salahnya menyiapkan dari sekarang walaupun baru berangkat tahun depan atau 2-3 tahun lagi 
 

Sekian dari tulisan persiapan umroh ini, semoga bisa bermanfaat.



Umum Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook