CALL CENTER
(021) 837-95-216 / 0821-26-252-252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Rukun Haji dan Umroh

Perbedaan Haji dan Umroh : Ternyata Masih Banyak Yang Belum Tahu

Oleh | Rabu, 21 Agustus 2019 08:07 WIB | 833 Views
Perbedaan Haji dan Umroh : Ternyata Masih Banyak Yang Belum Tahu

Haji dan umroh merupakan ibadah eksklusif umat Islam yang memerlukan “pengorbanan” harta, fisik yang kuat dan waktu yang tidak sedikit. Biaya perjalanan ke tanah suci memerlukan biaya yang tidak sedikit, belum termasuk visa, biaya hidup dan lain-lain. Fisik jamaah juga diperlukan mengingat ada pelaksanaannya memerlukan stamina yang kuat dan waktu yang memerlukan beberapa hari.

Haji secara istilah berarti menyengaja atau mengunjungi. Secara makna adalah menyengaja mengunjungi datang ke Baitullah secara fisik dan jiwa untuk menunaikan amalan-amalan tertentu dengan syarat-syarat tertentu dan pada waktu tertentu, yaitu pada bulan Dzulhijjah.

Sementara umroh secara literal bisa dipahami dengan berkunjung dengan sengaja. Secara makna adalah sengajar berkunjung ke Baitullah secara fisik untuk melakukan amalan-amalan tertentu seperti tawaf, Sa’I dan Tahalul. Haji dan umroh punya perbedaan pada waktu pelaksanaan.

Tulisan ini akan membahas perbedaan haji dan umroh yang meliputi waktu, hukum, syarat, rukun, wajib umroh dan haji. Sehingga akan diperoleh gambaran besar untuk ibadah umroh dan haji terutama perbedaan umroh dan haji.

Hukum

Haji hukumnya wajib untuk muslim mampu. Dasarnya surat Al Imran ayat 97, “…mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barang siapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha kaya dari semesta Alam”. Selain itu, terdapat hadits Imam Bukhari dan Muslim yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar, “Islam didirikan atas lima hal, bersaksi tiada Tuhan selain Allah sesungguhnya Nabi Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, melaksanakan Zakat, puasa saat Ramadhan, dan haji ke Baitullah”.

Bisa disimpulkan, muslim yang mampu dari segi harta, fisik, waktu dan spiritual wajib hukumnya mengerjakan haji. Berbeda dengan haji, pada umroh terdapat perbedaan pada pendapat para ulama. Sebagian berpendapat kalau ibadah umroh cukup dikerjakan sekali seumur hidup, namun sebagian lagi menyebut hukumnya sunnah, jika tidak dikerjakan tidak apa-apa dan jika ditunaikan mendapatkan pahala.

Syarat

Syarat mengerjakan haji sama dengan syarat mengerjakan umroh, yaitu :

  1. Beragama Islam
  2. Baligh atau dewasa,
  3. berakal
  4. Merdeka
  5. Mampu secara harta, spiritual dan fisik

Rukun

Haji :

  1. Niat ihram
  2. Wukuf di Arafah
  3. Tawaf
  4. Sa’i
  5. Dan Tahalul

Umroh

  1. Niat ihram
  2. Tawaf
  3. Sa’I
  4. Dan Tahalul

Perbedaan haji dan umroh terletak pada wukuf di arafahnya. Di rukun haji, ada wukuf di Arafah sedangkan umroh tidak ada rukunnya.

Waktu Pelaksanaan

Jika melihat waktu pelaksanaan, haji memiliki waktu terbatas dibanding umroh. Haji dilakukan di bulan Dzulhijjah, khususnya di tanggal 9 sampai 13 Dzulhijjah. Sementara itu, umroh dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun, karena didalamnya tidak ada wukuf di Arafah, yang dilakukan di 9 Dzulhijjah.

Wajib Haji dan Umroh

Inilah yang wajib dikerjakan saat pelaksanaan haji

  1. Ihram dari Miqat yang sudah ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW
  2. Mabit di Muzdalifah pada malam 10 Dzulhijjah sampai terbit fajar
  3. Mabit di Mina pada malam hari -hari Tasyriq (11, 12 dan 13 Dzulhijjah)
  4. Melontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah
  5. Tawaf wada ketika akan pulang ke negeri asal. Bagi wanita boleh haid tidak  melaksanakan tawaf
  6. Menjaga diri dari larangan ihram

Sedangkan wajib umroh

  1. Berniat ihram dari Miqot
  2. Menjaga diri dari larangan Ihram

Demikian tulisan kami mengenai perbedaan haji dan umroh, semoga bermanfaat. Alhamdulillah, Mihrab qolbi travel melayani paket umroh dan haji. Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi Customer Service kami di link bawah ini :

http://bit.ly/umrohmihrabqolbi

http://bit.ly/umrohmihrabqolbi



Rukun Haji dan Umroh Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook