CALL CENTER
(021) 83795216 / 082126252252
FOLLOW
@MIHRABQOLBI
LIKE FANPAGE
MIHRABQOLBI
Manasik Haji dan Umrah

Manfaat Jamaah Mengikuti Manasik Umroh

Oleh | Kamis, 08 Agustus 2019 10:59 WIB | 55 Views
Manfaat Jamaah Mengikuti Manasik Umroh

Merupakan sebuah kewajiban bagi travel umroh untuk mengadakan manasik umroh sebagai bentuk tanggung jawab kepada jamaah umroh. Sementara di sisi lain, jamaah umroh juga punya kewajiban untuk memahami tata cara umroh yang diberikan sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Secara umum, manasik umroh adalah simulasi praktik ibadah umroh yang dilakukan sesuai dengan tata cara yang telah disyaratkan beserta penjelasannya filosofisnya, yaitu meliputi rukun, wajib, sunah dan larangannya. Travel umroh bisa menyelenggarakan manasik umroh di gedung, hotel, halaman rumah jamaah atau area masjid.

Semua hal yang berkaitan pelaksanaan ibadah umroh di Tanah suci maupun diluar ibadah lainnya bisa disampaikan melalui manasik umroh mulai dari persiapan, simulasi ihram, bacaan-bacaan ketika umroh, larangan-larangan dan peraturan mengenai umroh lainnya. Selain itu, jamaah juga perlu memahami kegiatan di luar ibadah umroh yang sudah disiapkan oleh travel umroh.

Tujuan mendalam dari pelaksanaan manasik umroh adalah agar jamaah umroh sungguh benar-benar memahami makna dari ibadahnya sehingga tidak hanya sekedar ikut-ikutan ibadah.

Bagi kamu yang belum pernah melaksanakan ibadah umroh wajib untuk mengikuti manasik umroh. Namun, bagi yang sudah pernah mengikuti ibadah umroh di travel lain sebaiknya kamu tetap mengikuti manasik ini agar mendapat kabar terbaru mengenai kondisi Tanah suci. Berikut penjelasan pentingnya mengikuti manasik umroh.

  1. Jamaah Memahami tata cara ibadah

Tujuan dari manasik umroh adalah agar kamu bisa paham mengenai hukum, syarat-syarat, rukun, sunnah, larangan, dan dam agar ibadah bisa berjalan lancar. Kamu juga diajarkan praktik secara langsung saat berada di Tanah suci. Pastikan kamu benar-benar memahami sesi ini

  1. Kondisi terbaru Mekkah dan Madinah

Keadaan di Mekkah dan Madinah tentu berbeda dengan keadaa di Indonesia dari segi cuaca, lingkungan dan kebudayaannya. Janganlah malu bertanya ke pembicara mengenai hal ini.

  1. Ajang Silaturahim dengan calon jamaah

Pelaksanaan manasik umroh kamu akan bertemu dengan jamaah yang berasal dari wilayah lain sehingga menjadi sarana pengikat silaturahim.

  1. Belajar komunikasi ringan bahasa Arab

Jika Muthawif atau Tour leader punya pengalaman di Tanah suci tentu kamu akan diberikan sedikit pengetahuan komunikasi ringan bahasa arab. Diharapkan bisa memudahkan untuk berkomunikasi nantinya.

  1. Ittenary perjalanan

Tentu saja kamu akan dijelaskan ittenary perjalanan umroh selama durasi yang ditetapkan oleh travel. Hendaknya bagian ini benar-benar kamu perhatikan.

 

 

Mihrab qolbi travel menyediakan manasik umroh diluar harga paket. Manasik umroh diselenggarakan di Balai Kartini di hari sabtu atau minggu sebelum keberangkatan. Pada manasik ini,  jamaah akan berkenalan dan bertatap muka langsung dengan ustadz pembimbing. Disini jamaah juga akan melakukan simulasi umroh lengkap dengan miniatur kabah mini dan lintasan Sa’I sesuai dengan rukun umroh yang sebelumnya sudah dijelaskan. Sengaja dilakukan agar jamaah bisa meresapi simulasi tersebut.

Menariknya dari manasik umroh Mihrab qolbi travel adalah pelaksanaan manasik seperti training motivasi, kemudian pengenalan ustadz pembimbing  sesuai grup keberangkatan, dan adanya halaqah khusus untuk sesi grup bersama ustadz pembimbing. Diharapkan jamaah umroh Mihrab qolbi travel tidak hanya memahami dalam segi ritual melainkan juga esensi dari ibadah umroh.

Itulah penjelasan pentingnya mengikuti manasik umroh yang perlu kamu ketahui. Tidak hanya mempertimbangkan harga dan fasilitas umroh melainkan juga kualitas kegiatan manasik umroh yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat.



Manasik Haji dan Umrah Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook