CALL CENTER
(021) 83795216 / 081283831012
GABUNG TWITTER
MIHRABQOLBI
GABUNG FACEBOOK
MIHRABQOLBI
Konsultasi Syariah

Benarkah Saat Haji Semua Amalan Ditunjunkan?

Pertanyaan dari Mustofa | Kamis, 18 Februari 2016 01:52 WIB

Pertanyaan:
Assalamualaikum Ustadz. Apa benar saat ibadah di Mekkah semua akan ditunjukkan oleh Allah SWT. Misalnya begini, jika selama di Indonesia kita berbuat jahat pada orang lain maka Allah akan membalasnya langsung di Mekkah? Lalu apa yang harus kita lakukan supaya tak dihukum Allah saat berhaji? Sebab sebagai manusia kita tak luput dari salah.Wassalamualaikum ustadz.


Balasan:

Siapa yang berbuat baik walau sebsar biji bayam maka ia akan merasakan balasannya demikian juga kebalikannya sesiapa berbuat dosa walau sedikit ia akan menuainya. Persoalan apakah di Makkah akan kelihatan kebiasaan-kebiasaan buruk atau baik yang pernah kita perbuat, itu masih relatiflah.

Tapi sebagai bandingan ketika saya menunaikan ibadah haji beberapa tahun yang lalu saya merasakan apa yg menjadi kebiasaan saya terlihat (terulang)di Makkah seperti di tanah air saya sering azan dari masih anak muda sampai sekarang di masjid. Ketika di Makkah saya juga terpilih untuk azan di Padang Arafah dan sering menjadi imam di maktab dan banyak jamaah kloter saya yang bertanya tentang hukum-hukum Islam dan ada yang belajar pada saya di Makkah.

Itu adalah kebiasaan saya di tanah air. Namun apakah itu mungkin hanya kebetulan sayapun tidak tau tapi yang jelas kita meyakini Makkah itu adalah tempat yang suci dan tak boleh dicemari dengan perbuatan yang tidak baik. Wallahualam




Kirim Pertanyaan
Anda dapat mengirimkan Pertanyaan anda Perihal Ibadah Haji, Ibadah Umroh dan Pertanyaan yang berhubungan dengan Syariah lainnya. Namun anda harus terlebih dahulu melengkapi identitas yang lengkap untuk memudahkan tindak lanjut pertanyaan anda

 Kirimkan Pertanyaan