CALL CENTER
(021) 83795216 / 081283831012
GABUNG TWITTER
MIHRABQOLBI
GABUNG FACEBOOK
MIHRABQOLBI
Berita MihrabQolbi

Jemaah Haji Dihimbau Tidak Selfie dan Jalan-Jalan Saat Wukuf

Oleh admin | Senin, 21 September 2015 09:30 WIB | 1.247 Views

Makkah (Sinhat)--Haji adalah wukuf, jadi manfaatkanlah saat-saat wukuf itu untuk bermunajat, berdoa, berkontemplasi, dan berpikir tentang eksistensi kita di dunia ini. Jangan malah jalan-jalan atau sibuk jeprat jepret.

"Jangan banyak silaturahim. Sering malah naik ke Jabal Rahmah atau foto-foto. Arafah itu berdiam, bermunajat, berzikir kepada Allah," kata Kepala Bidang Bimbingan Ibadah dan Pengawasan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Ali Rokhmad kepada Tim Media Center Haji (MCH) 2015 di Kantor Daker Makkah, Sabtu (19/09).

Ali menjelaskan jemaah akan mulai diberangkatkan ke Arafah pada tanggal 8 Dzulhijjah (22 September 2015). Jemaah diminta membekali dirinya dengan alat-alat ibadah dan peralatan kesehatan.

"Manfaatkan untuk berdoa, bermunajat. Pemahaman terhadap eksistensi terhadap diri. Menyadari apa yang sudah dilakukan melakukan muasabah. Keselamatan diri dan keselamatan keluarga," tuturnya.

Jemaah harus mempersiapkan diri saat bergerak dari Arafah ke Muzdalifah. Selesai mengumpulkan batu, jemaah Indonesia akan melempar jumroh aqabah bersama jemaah dari negara lain.

"Siapkan melontar, istirahat. Mina terjadi kepadatan, istirahat banyak berzikir, beribadah, lontar 11-12 Dzulhijjah untuk nafar awal lalu meninggalkan Mina," jelasnya. (gagah/mch/ha)

 

Source: http://haji.kemenag.go.id/v2/content/jemaah-dihimbau-tidak-selfie-dan-jalan-jalan-saat-wukuf



Berita MihrabQolbi Lainnya



Berikan Komentar Via Facebook
Galeri Photo
Praktek Pelaksanaan Haji 2016

Praktek Pelaksanaan Haji 2016

Artikel Pilihan
Selasa, 30 Agustus 2016 16:01 WIB
Makna dan Hikmah Wukuf di Padang Arofah

Secara harfiah wukuf berarti: berdiam diri atau berhenti. Wukuf di padang Arafah adalah ritual haji yang dilakukan dengan cara berdiam diri di padang Arafah mulai dari tergelincirnya matahari tanggal 9 Dzulhijjah sampai dengan terbenamnya matahari pada tanggal 10 Dzulhijjah.